NASIONAL

Erick Tohir Copot Direktur Pertamina, Benarkah Karena Politis..?

Sibernas.com,Jakarta, Imbas kebakaran Depo Pertamina Pelumpang beberapa waktu lalu, menjadikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dikabarkan mencopot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina yang dijabat Dedi Sunardi.

” Pergantian jabatan ini telah resmi dilakukan kemarin, Rabu (8/3/2023),” kata VP Coporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dikutip dari liputan 6.

Fadjar mengatakan, untuk sementara posisi Direktur Penunjang Bisnis akan dirangkap oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono.

Disinggung mengenai berita pencopotan tersebut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga belum mengonfirmasi lebih jauh. Namun, dia memang menyiratkan adanya penggantian direksi Pertamina.

” Tunggu aja (pengumumannya),” ucapnya

Melansir tempo.co, Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman mengatakan pencopotan Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina tersebut bernuansa politis.

” Kalaulah benar pencopotan ini merupakan buntu dari peristiwa kebakaran tersebut ini aneh lantaran Dedi bukan pejabat yang terkait langsung dengan peristiwa kecelakaan tersebut,” ujarnya.

Menurut Yusri, setelah  dibentuk organisasi Pertamina Holding dengan Subholding oleh Kementerian BUMN, maka kendali penuh operasi distribusi BBM berada langsung di Subholding. Artinya, kendali berada di PT Pertamina Patra Niaga.

Karena itu, ia mempertanyakan alasan Erick mencopot Direktur Pengembang Bisnis Pertamina Holding. Sebab, kata dia, rentang kendalinya jauh di atas dengan kebakaran depo TBBM Plumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *