LIFESTYLE

Waspada ISPA pada Anak-anak

Sibernas.com, Palembang-Kota Palembang saat ini sedang memasuki masa pancaroba sebelum tibanya awal kemarau pada April mendatang.

Cuaca panas terik dan debu yang bertebaran dimana-mana juga sesekali hujan saat ini sering terjadi. Cuaca yang tidak menentu ini menyebabkan banyaknya keluhan dari masyarakat seperti, batuk, flu, demam, bahkan pernafasan yang terganggu.

Musim pancaroba ini, marak masyarakat menderita penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada pergantian musim.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Palembang Yudhi Setiawan, SKM, MEpid, mengatakan, penderita ISPA kebanyakan usia Balita yang mencapai 2.034 anak.

Penyakit ISPA disebabkan infeksi virus dan bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Yang menimbulkan penyakit batuk, pilek, sinusitis, dan radang tenggorokan akut.

“Kebanyakan ISPA sering menyerang anak-anak, ini dikarenakan sistem pertahanan tubuh anak yang masih rendah,” katanya.

Meski ISPA adalah penyakit yang tidak terlalu berbahaya. Tetapi harus segera diobati, sebab bisa akut dan menganggu aktifitas terutama bagi usia dewasa.

“Pastikan menggunakan masker, karena ISPA biasanya seseorang akan bersin atau batuk, dan menjaga lingkungan agar tetap bersih,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.