LIFESTYLE

Tips Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

SIBERNAS.com — Ketika memasuki bulan Ramadhan sebagian orang sudah jauh hari memesan tiket untuk perjalanan mudik pada saat hari raya idul fitri,

Berburu tiket transportasi umum, seperti kereta api, untuk pulang kampung tentu bukan perkara mudah. Kehabisan tiket bukan sesuatu yang tak mungkin. Apalagi, kereta api jadi salah satu moda transportasi yang banyak dipilih saat mudik Lebaran.

pada tahun ini tiket kereta api Lebaran sudah dapat dipesan mulai 26 Februari 2023 mendatang, jadi siapkan diri anda untuk segera melakukan pemesanan sebelum kehabisan.

Berikut beberapa tips berburu tiket untuk perjalanan mudik:

1. Tentukan tanggal berangkat dan pulang

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan kapan tanggal keberangkatan dan kepulangan. Setelahnya, Anda bisa langsung melakukan pembelian saat pemesanan sudah dibuka.

2. Pasang alarm
Pemesanan tiket kereta api biasanya akan dibuka tepat pada pukul 00.00 WIB. Biasanya, tiket juga akan habis dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, Anda tak boleh ketinggalan untuk mengakses layanan pemesanan tiket. Anda bisa memasang alarm setidaknya minimal 30 menit sebelum pemesanan dibuka.

3. Pesan secara daring
Tak perlu repot-repot pergi ke stasiun, Anda bisa melakukan pemesanan secara daring. Selain lebih praktis, Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode yang ditawarkan.

4. Gunakan fitur data penumpang
Berbagai aplikasi perjalanan biasanya menyediakan fitur data penumpang. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempersingkat proses pengisian data saat pemesanan.

Sebelum pemesanan dibuka, terlebih dahulu isi data penumpang. Kelak ketika pemesanan dilakukan, Anda hanya perlu menggunakan data penumpang yang sudah tertera tanpa perlu mengisi ulang.

5 Jangan menyerah jika gagal
Jangan langsung menyerah saat pemesanan pertama gagal. Anda bisa kembali mengecek ketersediaan tiket sekitar 30-120 menit setelahnya. Siapa tahu ada kesempatan dari pemesanan tiket yang tidak berhasil terbayarkan.

6. Cek ketersediaan kereta tambahan
Jangan khawatir jika Anda tak bisa mendapatkan tiket kereta utama. Momen mudik biasanya akan membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan kereta tambahan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *