KRIMINALITAS

Pelaku Tawuran di Demang Lebar Daun Peragakan Aksi Sadis Pembacokan

SIBERNAS.com, Palembang-Polsek Ilir Barat (IB) 1 Palembang melakukan rekonstruksi aksi tawuran yang mengakibatkan tewasnya satu orang remaja di Jalan Demang Lebar Daun, Sabtu (4/2/2023).

Terdapat 13 adegan yang dirunut dari awal perkara. Rekonstruksi diperankan 4 pelaku dan 2 saksi yang disaksikan oleh Kapolsek IB I Palembang Kompol Rian Suhendi bersama Kanit Reskrim, Iptu Apriansyah. Empat orang tersangka tersebut yaitu Reza (21), Diki Apriansyah (20), Hega Ramanda (21) dan M Iqbal (21).

Kapolsek IB 1 Kompol Rian Suhendi mengatakan, rekonstruksi dilakukan guna melengkapi berkas perkara.

“Rekonstruksi ini kita lakukan untuk melengkapi berkas administrasi sebelum dilimpahkan ke kejaksaan,” katanya.

Kompol Rian mengatakan, masih ada pelaku lain dalam aksi tersebut yang masih diburu oleh polisi
Empat tersangka dikenakan dengan pasal 338 KUHP tentang penganiayaan menyebabkan hilangnya nyawa orang dengan cara bersama-sama.

“Tersangka terancam kurungan penjara paling lama 15 tahun,” ujarnya.

Adegan inti dimulai pada reka adegan ke-7 dimana tersangka Hega Ramanda dengan paksa menarik korban yang berada di atas motor hingga terjatuh.

Terlihat seorang remaja yang menganiaya korban dengan cara membacok korban pada bagian belakang sebanyak satu kali, mengenai kepala dan punggung korban.

Selanjutnya pada adegan ke-8, korban yang mengalami pembacokan menjadi sempoyongan dan terjatuh. Bukannya berhenti, korban lantas menjadi sasaran para tersangka.

Diketahui tersangka Reza yang datang dengan membawa senjata tajam jenis parang menendang korban hingga terduduk di tengah jalan. Tak berhenti di situ, Reza juga menginjak korban sebanyak dua kali membuat korban terkapar.

Pada adegan ke-9, korban yang dalam posisi tengkurap, dihampiri oleh tersangka Diki Apriansyah yang membawa celurit lantas membacok punggung korban.

Pada adegan ke-10, celurit yang digunakan Diki Apriansyah diambil oleh tersangka M Iqbal dan kembali membacok korban sebanyak satu kali ke tubuh korban.

Lihat Juga :  Jatanras Polda Sumsel Bekuk Pelaku Bobol Rumah

Pada adegan ke-11 korban yang sudah bersimbah darah masih sempat duduk, di saat itu tersangka Reza sempat menghampiri korban yang meminta ampun.

Pada adegan ini tersangka Reza mendekati korban dan menggeledah pakaian korban untuk mengambil harta benda milik korban. Lantas pada adegan terakhir, para korban kabur dengan meninggalkan korban yang sudah bersimbah darah di pinggir jalan.

Sementara setelah dilakukannya gelaran rekonstruksi, salah satu tersangka, Diki Apriansyah mengaku menyesali perbuatannya dan menjelaskan tidak kenal dengan korban. Tersangka mengaku hanya ikut ikutan saat rekannya mengajak untuk melakukan aksi tawuran.

“Awalnya kami saling tantang dengan kelompok korban di sosial media, sampai akhirnya kami bertemu di Jalan Demang Lebar Daun dengan rombongan korban,” katanya.

Reporter: Yola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *