PALEMBANG

Sejak 2019, Warga Tanjung Barangan Kesulitan Air Bersih

SIBERNAS.com, Palembang-Perumahan di pinggiran Kota Palembang sebagian besar belum mendapatkan akses air bersih dari PDAM Tirta Musi.

Seperti di salah satu perumahan di Tanjung Barangan dan Perumahan Surya Akbar Tanjung Barangan, yang menunggu jaringan pipa air bersih di pasang ke rumah-rumah warga.

Warga meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk segera memasang instalasi instalasi air bersih di Perumahan Surya Akbar RT 05, RW 03, Tanjung Barangan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda memastikan keluhan warga soal minimnya akses air bersih akan segera ditangani.

“Kami sudah mendengar bahwa sejak 2019 warga di Tanjung Barangan ini sulit air bersih,” ujar Fitrianti usai mengunjungi perumahan tersebut, Selasa (31/1/2023).

Lihat Juga :  Empat Mantan Pejabat SP2J Korupsi Jargas, Ini Tanggapan Pj Walikota Palembang

Fitrianti menjanjikan segera merealisasikan pemasangan pipa jaringan air bersih jika seluruh warga di perumahan tersebut sudah melengkapi syarat pendataan.

“Semakin cepat data warga yang masuk untuk siapa saja yang mau memasang, mudah-mudahan sebelum lebaran mereka sudah menikmati air bersih,” katanya.

Di samping melengkapi data, masyarakat di perumahan tersebut juga harus membayar biaya administrasi pemasangan baru.

“Pada awal pemasangan itu ada biaya administrasi untuk pasang baru yang ditanggung oleh calon pelanggan,” katanya.

Dari website PDAM Tirta Musi, berikut biaya pasang baru untuk pelanggan baru PDAM Tirta Musi:

1. Golongan tarif I – Sosial : Rp 1.250.000,-,
2. Golongan tarif II – Rumah Tangga : Rp 1.500.000,-
3. Golongan tarif III – Niaga / Ruko : Rp 2.750.000,-
4. Golongan tarif IV – Khusus : Rp 3.000.000,-

Lihat Juga :  Pendatang Diklaim Jadi Faktor Tingginya Angka Pengangguran di Palembang

Fitrianti juga meminta kepada masyarakat Kota Palembang yang masih belum mendapatkan pelayanan air bersih untuk tetap bersabar.

“Karena memang masih ada beberapa kawasan yang debit airnya masih kurang dikarenakan jauh dari sungai, tetapi secara akan kita bangun instalasi tambahan,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *