LIFESTYLE

Tips Menanam Cabe Rawit di Dalam Pot

SIBERNAS.com — Cabe rawit merupakan salah bahan dapur atau masakan yang bisa ditanam di perkarangan rumah  bisa mengunakan polybag atau pot.

Selain menanamnya tidak sulit dengan adanya tanaman cabe sendiri di rumah bisa menghemat pengeluaran  karena tidak perlu lagu membeli cabe.

Berikut beberapa langkah menanam cabe yang bisa langsug dipraktekan dirumah.

  1. Siapkan POT

Siapkan pot berlubang, pot jenis ini punya sistem drainase yang baik sehingga air dapat keluar dari pot dan tidak membuat tanaman jadi busuk.

Isi pot dengan media tanam hingga menyisakan 5-10 cm dari bibir pot.

  1. Sebar Bibit Cabai

Semai bibit cabe, bibitnya sendiri bisa dibeli di tokoh pertanian, setelah semai bibit cabe dengan  jarak  5-10 cm kemudian tutup dengan media tanam.

Selain membeli, bibit cabe bisa di buat sendiri dengan cabe yang kita beli di pasar, caranya cukup mudah.

Ambil biji cabe dari cabe yang sudah matang dan merah.Rendam cabai dalam campuran air hangat dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Diamkan selama semalam.

Keesokan harinya, ambil biji cabai yang tenggelam lalu keringkan. Biji cabe kini sudah jadi bibit cabe siap tanam.

  1. Siram dengan Air Bersih

Siram bibit cabe yang telah ditanam dengan air bersih menggunakan semprotan tanaman. Lakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari agar bibit tetap lembap.

  1. Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari memang dibutuhkan tanaman untuk berfotosistensis, namun untuk proses pertumbuhan awal, kelembapanlah yang lebih dibutuhkan.

Karena itu, Moms harus menjauhkan pot berisi bibit cabe dari paparan sinar matahari langsung.

  1. Pisahkan Bibit Tanaman

Setelah beberapa hari, daun akan mulai tumbuh. Ini juga jadi tanda untuk memindahkan tanaman cabe ke pot lain atau ke taman.

Jika Moms hendak menanam cabai di pot, Moms bisa menempatkan satu tanaman di satu pot agar mereka bisa mendapatkan asupan yang maksimal untuk tumbuh dan berbuah.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari dengan menggunakan semprotan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *