KRIMINALITAS

Penipuan Berkedok Karyawan BRI, Raup Keuntungan Hingga Rp1,7 miliar

SIBERNAS.com, Palembang-Tim Gabungan Jatanras Polda Sumsel bersama Tim Opsnal Polres Jembrana Polda Bali berhasil mengamankan pelaku penipuan online berkedok menjadi karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Tersangka bernama Eko Jaya Saputra, warga Dusun IV, Kelurahan Lebung Gajah, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Dia diamankan di rumah mertuanya di Desa Tanjung Kodok, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI, Sabtu (28/1/2023) sekitar pukul 06:00 WIB.

Barang bukti yang diamankan.

Pelaku merupakan ketua dari 3 orang lainnya yang masih berstatus daptar pencarian orang (DPO) dan berperan sebagai sebagai penembak atau yg menghubungi korban secara langsung.

“Pelaku menghubungi korban, Hendrik Salim yang berdomisili di Jalan Salya, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, via chat WhatsApp dan menggunakan nomor ponsel luar negeri,” ujar Kasubdit 3 Jatanras Kompol Agus Prihadinikan SIK MH saat dikonfirmasi, Senin (30/1/2023).

Lihat Juga :  Mantan Ketua DPRD Palembang Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Jargas PT SP2J Palembang

Kompol Agus menambahkan nomor Whatsapp tersebut menelpon korban dan menyampaikan kepada korban kalau korban mendapatkan hadiah undian dari Bank BRI.

“Untuk dapat mengambil hadiah tersebut pelaku meminta korban mengirimkan kode OTP yang sudah diterima oleh korban,” katanya.

Setelah mengirim kode OTP, kemudian korban mendapat notifikasi pemberitahuan ada dana keluar sebesar Rp499.000.000 dan selanjutnya dana keluar kembali sebesar Rp299.000.000 dengan total Rp798.000.000

“Setelah korban mengetahui ada dana keluar jumlah tersebut, kemudian korban menghubungi nomor WhatsApp tersebut namun sudah tidak aktif,” ujarnya.

Diketahui pelaku sudah melakukan hal tersebut dari tahun 2019 hingga sekarang dan hingga kini meraup uang dengan Opsnal kurang lebih 1,7 miliar rupiah.

Dari pengakuan tersangka uang dari hasil kejahatannya tersebut pelaku gunakan untuk biaya hidup dan membeli barang barang mewah seperti membeli mobil.

Pihak kepolisian juga mengamankan 1 unit handphone, dan mobil Mitsubishi Pajero BG 3322 EL. Pelaku telah dibawa ke Polres Jembrana untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kita sudah menangkap pelaku dan selanjutnya akan dibawa ke Polres Jembrana, Bali untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Reporter: Yola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *