PALEMBANG

PDAM Sebut Suntikan Dana Rp800 Miliar Berupa Aset

SIBERNAS.com, Palembang-PDAM Tirta Musi disetujui DPRD Kota Palembang mendapatkan penyertaan modal sebesar Rp800 miliar dari Pemerintah Kota Palembang 2020 lalu.

Penyertaan modal Rp800 miliar itu disebut DPRD Kota Palembang diberikan secara bertahap, dan ditujukan untuk peningkatan pelayanan pelanggan PDAM Tirta Musi.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Andi Wijaya mengakui adanya dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebesar Rp800 miliar. Namun, PDAM membantah jika penyertaan modal yang diberikan kepada PDAM itu berupa dana cash.

“Kami (PDAM Tirta Musi) tidak pernah menerima dana cash dari Pemkot Palembang,” katanya, Senin (30/1/2023).

Andi Wijaya mengatakan, pihaknya tidak menerima dalam bentuk uang, tapi aset (sarana prasarana) yang diberikan secara bertahap.

Lihat Juga :  Empat Mantan Pejabat SP2J Korupsi Jargas, Ini Tanggapan Pj Walikota Palembang

“Yang ada meneruskan hibah pemerintah pusat, atau menerima penyertaan modal kota dalam bentuk sarana dan prasaran,” katanya.

Ia mengatakan, aset sarana dan prasarana yang diberikan oleh pemerintah ini digunakan untuk membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA), Pipa, Booster dan lainnya.

“Seperti salah satunya aset berupa lahan di Gandus yang kini sedang kita bangun IPA,” katanya.

Dimana IPA Gandus ini berkapasitas 500 liter per detik ini bisa mengaliri 40 ribu sambungan rumah. Waktu pengerjaan selama 15 bulan sejak awal tahun 2023, yang nantinya dapat mengaliri wilayah pinggiran Kota Palembang.

Andi mengatakan, saat ini kawasan pinggiran Palembang masih ada yang teraliri air seperti di Sematang Borang dan lainnya.

Lihat Juga :  92 Pejabat Pemko Palembang Dibongkar, Mulai dari Lurah Hingga Camat

“Pelanggan PDAM saat ini ada 325.000 SR (sambungan rumah),” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *