OLAHRAGA

Pencak Silat Diminati, Pemkot Berharap Sampai Tingkat Internasional

SIBERNAS.com, Palembang-Pencak silat di Kota Palembang punya banyak peminat hingga melahirkan atlet-atlet yang bisa diikutkan ke dalam kejuaraan.

Pencak Silat menjadi salah satu Cabang Olahraga (Cabor) yang diminati dalam event Ratu Dewa Warrior Cup Open Karate Championship, di GOR Dempo Jakabaring Sport City, Jumat (27/1/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, ada 20 perguruan silat yang mengikuti kompetensi dalam pembukaan kejuaraan pencak silat serta 120 peserta yang sudah siap berlaga dalam meraih kejuaraan.

“Seni beladiri pencak silat sudah dikenal secara luas di Indonesia, bahkan di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, dan Thailand sesuai penyebaran suku bangsa melayu nusantara,” katanya.

Olahraga pencak silat merupakan jenis olahraga yang sarat makna, selain untuk membentuk jasmani yang sehat, banyak nilai-nilai positif lain yang dapat diperoleh dengan menekuni olah raga ini.
Antara lain, membentuk nilai-nilai mentalitas yang kuat, nilai sportivitas, nilai keberanian, memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

“Saling menghormati satu sama lain serta dapat membentuk karakter bela negara,” katanya.

“Saya tentu berharap melalui kejuaraan ini bukan hanya sekedar untuk meraih prestasi namun nantinya dapat memberikan kontribusi terbaik dalam mengangkat olahraga Pencak Silat di Kota Palembang,” tambahnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari bentuk perwujudan dari misi ke-5 Palembang Emas Darussalam adalah Menjadikan Palembang Kota Pariwisata Sungai dan Budaya serta Event Olahraga kelas Dunia yang harmoni antara kehidupan manusia dan alam.

Dewa berharap agar Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Palembang untuk terus dapat mengembalikan kejayaan pencak silat di Kota Palembang Sumatera Selatan.

“Sehingga melahirkan atlet-atlet yang berprestasi sampai ke forum internasional seperti Jeni Kause, Puspa Arum Sari, Aji Bangkit Pamungkas, dan Syarif Hidayatullah sehingga mengharumkan nama bangsa Indonesia khususnya nama Kota Palembang,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.