NASIONAL

Korlantas Bakal Keluarkan BPKB Elektronik, Ini Kelebihannya

SIBERNAS.com, Jakarta — Korps Lalu Lintas Polri akan menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)  berbentuk seperti paspor yang dilengkapi dengan chip hingga Near Field Communication (NFC)  di smartphone.

“Jadi, kami mencoba berinovasi tahun ini dengan memunculkan suatu teknologi yang namanya digital arsip, namanya BPKB elektronik,” ujar Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Menurut Yusri nantinya seluruh kendaraan baru akan mendapatkan BPKB elektronik jenis terbaru. Langkah itu, kata dia, diharapkan akan membantu proses perpindahan data kendaraan menuju sistem digital.

Melalui penyematan Chip hingga NFC itu pula, ia mengatakan nantinya seluruh riwayat pemilik dan kendaraan dapat diakses dengan mudah. Termasuk soal riwayat pelanggaran lalu lintas hingga kecelakaan kendaraan tersebut.

Lihat Juga :  Avanza Tak Lagi Mobil Sejuta Umat, Siapa Penggantinya?

“Arsip digital ke depan sudah tidak menggunakan lagi berkas-berkas, sekarang ini sudah (era revolusi) 4.0 sudah mendekati 5.0 ya, ini semuanya serba digital bagi dan masuk database tersebut ke dalam server yang sudah dipersiapkan,” tuturnya.  Sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us