PALEMBANG

Peminat Vaksin Ketiga dan Keempat atau Booster Minim

SIBERNAS.com, Palembang-Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, hingga kini capaian vaksin booster terutama kalangan umum, masih sedikit.

Selain booster pertama (vaksinasi ke-3), saat ini juga sudah dianjurkan untuk booster kedua (vaksinasi ke-4). Untuk memenuhi target sasaran penerima vaksin dosis keempat atau booster kedua, setidaknya dibutuhkan 3.000 vial vaksin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dari Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan, masih banyaknya masyarakat Palembang yang belum melakukan vaksin booster.

“Saat ini kami sudah mengajukan penambahan ke Dinkes Sumsel. Permintaan pasokan untuk mengejar capaian penerima vaksinasi booster kedua,” katanya.

Lantaran capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster pertama masih rendah, Dinkes terus mendorong masyarakat agar segera vaksin.

Lihat Juga :  92 Pejabat Pemko Palembang Dibongkar, Mulai dari Lurah Hingga Camat

“Walaupun sudah dianjurkan pemerintah agar masyarakat vaksinasi booster lanjutan, saat ini kami masih kejar target booster pertama karena cakupannya masih rendah,” katanya.

Berdasarkan hasil pendataan Dinkes Palembang, penerima booster pertama masih rendah karena banyak kelompok warga lanjut usia (lansia) yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap.

“Lansia yang booster pertama baru 1.891 orang atau baru 1,47 persen dari target,” katanya.

Sementara untuk booster kedua baru dilakukan untuk 7.622 orang, atau 52,59 persen dari seluruh target sasaran sumber daya manusia di bidang kesehatan atau nakes.

“Kami membutuhkan tambahan pasokan vaksin lagi bagi kelompok sasaran masyarakat umum,” katanya.

Lihat Juga :  Punya Strategi Khusus, Fitrianti Agustinda Janji Tuntaskan Masalah Banjir Kota Palembang

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *