SUMSEL

Jembatan Ampera Tutup 4 Jam Malam Tahun Baru 2023, Ini Rute Alternatifnya

SIBERNAS.com, Palembang-Jembatan Ampera menjadi salah satu kawasan favorit yang diincar warga Palembang dan pelancong untuk merayakan malam tahun baru.

Untuk menghindari kerumunan di Jembatan Ampera, pihak kepolisian dan pemerintah setempat melakukan penutupan sementara selama malam pergantian tahun.

Jembatan Ampera akan ditutup selama sekitar 4 jam saat perayaan tahun baru 2023. Penutupan mulai 31 Desember pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 02.00 WIB.

Terutama saat ini Covid-19 di Kota Palembang pada 2022 ini sudah landai, dipastikan masyarakat akan antusias melakukan perayaan malam tahun baru 2023.

Kapolrestabes Palembang Kombes Mokhamad Ngajib mengatakan, penutupan Jembatan Ampera sama seperti tahun-tahun sebelumnya untuk menghindari kerumunan di icon Kota Palembang itu.

“Selain melakukan penutupan Jembatan Ampera, ratusan personel Polrestabes Palembang juga akan disebar saat malam perayaan tahun baru untuk mengantisipasi tindak kejahatan,” katanya.

Meskipun Ampera ditutup, jembatan ini bukan satu-satunya akses bagi warga Palembang dan para pendatang untuk hilir-mudik dari Ulu ke Ilir atau sebaliknya. Ada beberapa alternatif untuk menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir kota pempek ini.

1. Jembatan Musi II

Selain Jembatan Ampera, Jembatan Musi II merupakan salah satu jembatan tertua yang di bangun di Kota Palembang.

Jembatan Musi II adalah jembatan pertama yang dapat menjadi alternatif yang menghubungkan bagian ulu dan Ilir wilayah Palembang.

Jembatan ini menghubungkan dua kecamatan yakni Gandus dan Kertapati dengan panjang jembatan sekitar 520 meter.

Jembatan Musi II menjadi jembatan yang dibangun di akses Jalan Lintas Sumatra dan kerap digunakan sebagai jalur penghubung dari Jambi maupun Lampung atau sebaliknya.

2. Jembatan Musi IV

Lihat Juga :  Bantu Pengamanan dan Pengelolaan Aset, KAI Apresiasi Polda Sumsel dan BPN

Jembatan Musi IV menjadi alternatif lain selain Ampera dengan memangkas perjalanan ke seberang Ulu lewat kawasan Plaju Palembang.

Jembatan Musi IV di bagian ilirnya berada di kawasan Kuto Batu, sedangkan bagian ulunya ada di Lawang Kidul.

Jembatan dengan panjang 1.130 meter dan lebar 12 meter itu dibangun pada 2016 yang dipersiapkan untuk menyambut Asian Games 2018 dan merentas kemacetan lalu lintas di wilayah ulu dan Ilir.

3. Jembatan Musi VI

Di bagian ulu Palembang, Jembatan Musi VI terletak di kawasan 5 Ulu dan bagian ilir ada di kawasan Tangga Buntung.

Jembatan Musi VI diresmikan Desember 2020 lalu dimana awalnya jembatan ini dibangun untuk mendukung Asian Games 2018. Namun terkendala pembebasan lahan sehingga baru diresmikan dan operasional 2 tahun kemudian.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *