Uncategorized

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Sembelit

SIBERNAS.com –  Dibalik rasa manisnya yang enak saat dikonsumi, buah sawo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, buah sawo juga termasuk salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia karena rasanya yang khas.

Buah sawo diketahui mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan produksi kolagen di kulit.

Selain itu, buah sawo juga kaya akan serat, zat besi, magnesium, potasium, vitamin B5, dan asam folat, dilansir dari Healthline Kandungan nutrisi yang ada dalam buah sawo, sayang sekali jika terlewatkan.

Berikut ini manfaat tak terduga yang bisa didapatkan jika rutin mengonsumsi buah sawo.

  1. Mengatasi sembelit

Kandungan serat yang ada dalam buah sawo, membuatnya menjadi obat pencahar alami yang sangat baik untuk mengatasi sembelit, dilansir dari Healthshots. Serat dari buah sawo dapat membantu melindungi selaput lendir usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

  1. Mencegah peradangan

Kandungan tanin atau senyawa polifenol yang tinggi pada buah sawo, dapat berperan sebagai zat anti-inflamasi. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan saluran pencernaan dengan mencegah penyakit esofagistis, enteritis, sindrom iritasi usus, dan gastritis.

Polifenol dalam buah sawo juga mampu mencegah peradangan dengan cara mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

  1. Mengontrol gula darah

Penyandang diabetes bisa mengonsumsi buah sawo karena kandungan magnesium dapat menjaga pembuluh darah tetap berjalan lancar. Selain itu, potasium juga bisa mengatur tekanan darah dan melancarkan sirkulasinya.

  1. Mengurangi risiko kanker

Buah sawo mengandung antioksidan yang tinggi dan terbukti efektif untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Vitamin A dan B dapat menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tesktur kulit. Vitamin A juga melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

  1. Menguatkan tulang

Untuk mencegah tulang keropos, cobalah rutin makan buah sawo. Karena mengandung kalsium, fosfor, dan zet besi yang dibutuhkan oleh tulang agar kuat.

  1. Melindungi dari penyakit infeksi

Antioksidan polifenol yang ditermukan dalam sawo, membuat buah ini mempunyai sifat antivirus, anti-parasit, dan antibakteri.

Antioksidan tersebut mampu mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Vitamin C-nya dapat menghancurkan radikal bebas.

Sedangkan potasium, zat besi, dan folat, serta niasain dan asam pantotenat berguna bagi sistem pencernaan tubuh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.