OLAHRAGA

Ragam Manfaat Petai bagi Kesehatan, Mengontrol gula darah

SIBERNAS.com — Hampir semua orang pasti tahu dengan petai yaitu salah satu sayuran yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Di Indonesia petai  cukup muda untuk di dapat dan selain itu petai dapat diolah menjadi berbagai olahan dan juga bisa di kombinasikan dengan bahan lain misalnya tumis tempe campur petai, sambal petai, hingga campuran nasi goreng.

Namun demikian masih banyak orang yang enggan mengonsumsi petai lantaran efek bau setelah memakannya. Terkadang selepas makan petai mulut atau napas menjadi bau dan saat buang air kecil juga menjadi bau petai. Itulah mengapa sebagian orang tak menyukai petai.

Tidak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini bahkan sering digunakan sebagai obat herbal karena diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan Nutrisi dalam Petai

Meski memiliki bau yang khas dan menyengat, petai mengandung beragam nutrisi untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram petai, terkandung sekitar 92 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

77 gram air

5,4 gram protein

15 gram karbohidrat

2 gram serat

14 miligram kalsium

170 miligram fosfor

1,6 miligram zat besi

55 miligram natrium

221 miligram kalium

Selain itu, petai juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3, dan E serta beberapa antioksidan, seperti flavonoid dan fenolik.

Ragam Manfaat Petai untuk Kesehatan

  1. Mengontrol gula darah

Petai merupakan salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah. Hal ini terjadi berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol di dalam petai yang mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

  1. Mengatasi infeksi

Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai terlihat dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Temuan ini memberi petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur.

Meski begitu, data tersebut belum dapat menyimpulkan bahwa manfaat petai terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

  1. Menyehatkan saluran pencernaan

Petai merupakan sumber serat yang baik. Dengan mencukupi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Tak hanya itu, tingginya serat dalam petai juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan bisa berkurang. Hal ini tentunya bisa membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat petai selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium di dalam petai yang mampu menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil.

  1. Menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C pada petai memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, antioksidan pada buah ini juga berperan penting untuk menangkal radikal bebas pada tubuh yang berisiko meningkatkan penyakit kardiovaskuler.

Namun, perlu diingat bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan berbagai manfaat petai di atas secara medis.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Petai

Petai memang berpotensi memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan, tetapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Agar tubuh selalu sehat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang yang terdiri dari berbagai jenis makanan.

Konsumsi petai dalam jumlah berlebihan tidak disarankan karena berisiko merusak ginjal. Selain itu, penderita asam urat juga disarankan untuk membatasi konsumsi petai sebab tumbuhan ini memiliki kandungan purin. Tingginya kadar zat ini bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *