NASIONAL

Pulau Jawa Diguncang Gempa, Usai Cianjur dan Garut Kini Giliran Jember Jawa Timur

Sibernas.com, JATIM—Usai Cianjur dan Garut diterpa gempa beberapa waktu lalu. Kini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022)

BMKG mencatat sejumlah wilayah merasakan gempa ini. Masing-masing dengan skala intensitas III Jember, III Gubuk Mas, III Mataram, III Kepanjen, III Sumber Pucung, II Madiun, II Ponorogo, II-III Kuta, II-III Kuta Selatan, II Bantul, II Yogyakarta, II Sawahan, II Klaten, II Banyuwangi, dan II Karangasem.

Melansir Republika.co.id, gempa terjadi sekitar pukul 13.07 WIB Selasa siang dengan kedalaman gempa mencapai 10 kilometer dengan durasi 5 sampai 8 detik.

Lihat Juga :  Puan Hadiri WWF ke 10 di Bali, Komitmen Kuat Parlemen di Ketahanan Air Dunia

“Jember gempa, Malang kerasa,” ujar seorang warganet yang disambut dengan balasan “Aku kerasa pas tiduran,” kata Jazila, menimpali.

Menurut Jazila, gempa tersebut cukup besar dan berlangsung sekitar lima detik. Saat merasakan gempa tersebut, Jazila hanya terdiam dan tidak berusaha lari menyelamatkan diri. “Aku kalau gempa selalu nge-freeze, tidak bisa lari,” kata perempuan berhijab ini.

Jazila berharap gempa ini tidak berdampak apapun kepada masyarakat. Kemudian juga diharapkan tidak ada gempa susulan seperti yang biasanya terjadi.

Kendati gempa ini tidak berpotensi tsunami. BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *