SUMSEL

Libatkan Agen Perisai, Jangkau Beragam Pekerja di Palembang

Sibernas.com, Palembang-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palembang melibatkan agen perisai untuk menjangkau pekerja di sektor informal.

Perisai merupakan akronim dari penggerak jaminan sosial (Perisai). Mereka adalah agen-agen yang bertugas untuk mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman program-program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat.

Perisai diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Jaminan Sosial, tak peduli apapun profesi yang sedang dijalani.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang, Moch. Faisal, mengatakan terdapat sebanyak 56 agen perisai yang tersebar di Kota Palembang.

“Untuk menjadi agen ini harus orang yang gemar ngumpulin orang dan tidak gengsi,” katanya di sela acara penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk pedagang di Pasar 16 Palembang, baru-baru ini.

Lihat Juga :  Bantu Pengamanan dan Pengelolaan Aset, KAI Apresiasi Polda Sumsel dan BPN

Kehadiran Perisai berperan besar dalam program BPJS Ketenagakerjaan, karena dinilai mampu mengakuisisi tenaga kerja, baik penerima upah (PU) maupun bukan penerima upah (BPU).

Menurut Faisal, saat ini jumlah kepesertaan di Kota Palembang sudah mencapai 112.000 tenaga kerja.

“Mereka itu berasal dari berbagai status pekerja karena prinsipnya BPJS Ketenagakerjaan itu melindungi seluruh pekerja di Indonesia,” katanya.

Ada tiga kelompok yang menjadi sasaran perlindungan BPJamsostek, yakni pekerja penerima upah (PU), bukan penerima upah (BPU), jasa konstruksi (Jakon) hingga pekerja migran Indonesia (PMI) yang mencari nafkah di negeri orang.

BPJamsostek memiliki 5 program perlindungan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan yang terbaru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). (Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *