KRIMINALITAS

Yaba, Narkoba Jenis Terbaru Beredar di Sumatera Selatan

SIBERNAS.com, Palembang-Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel berhasil mengungkap kasus sabu jenis terbaru dan pertama di Sumatera Selatan (Sumsel). Sabu itu bernama Yaba.

Yaba memiliki bentuk yang sangat kecil dan sudah ada dari tahun 2002 yang pertama kali muncul di kawasan Asia. Yaba merupakan kombinasi dari caffeine dan methapethamine (stimulan yang kuat dan adiktif), dalam bahasa Thailand Yaba sendiri memiliki arti “Obat Gila atau Crazy Pil”.

Kapolda Sumsel Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, polisi mengamankan tiga orang tersangka dengan barang bukti 6,853 butir pil warna merah muda dengan jenis Yaba berlogo WY.

Selain itu, terdapat Narkotika jenis sabu dengan berat 201,88 gram yang dibungkus teh cina dan dibalut lakban berwana coklat.

“Tersangka bernama Herman Alias Maman dan Jumani Alias Jum berasal dari daerah Lampung dan Indra Lesmana warga Sumsel,” ujar Kapolda dalam giat ungkap kasus di Gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel, Rabu (30/11/2022).

Lihat Juga :  Wiwin Tewas Terpanggang, Pulang ke Rumah Untuk Beberes Jelang Lebaran

Pelaku ditangkap di dua tempat yang berbeda, yakni di daerah Lampung dan Jakabaring.

“Kami mendapatkan informasi terjadinya pengiriman Narkoba jenis sabu di wilayah Kota Palembang melalui Jalan Lintas Sumatera. Kami melacak salah satu mobil melintas dan kami langsung kejar sehingga adanya tembak menembak sehingga beberapa body mobil terkena tembakan,” jelasnya.

Saat pelaku berada di belakang rumah makan di daerah Sungai Lilin, pelaku kabur dan meninggalkan barang bukti di tempat tersebut.

“Dari dalam mobil ditemukan sebuah tas rasel yang berisikan Narkotika jenis sabu. Untuk pelaku yang ditangkap di daerah Kecamatan Rajabasa, Kota Lampung, tidak ditemukan barang bukti Narkoba, tapi mereka mengakui bahwa mereka berada di mobil tersebut,” katanya.

Selanjutnya, polisi mengejar dan menangkap kembali pelaku lainnya di daerah Silaberanti, Jakabaring, dan menemukan satu kantung berwarna hitam berisikan barang bukti Narkotika.

“Dalam kantung berwarna hitam tersebut terdapat Narkoba jenis pil berwarna merah berjenis Yaba. Selain barang bukti tersebut pihak kepolisian mengamankan mobil BG 1156 UN yang disewa para tersangka,” katanya.

Selanjutnya Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap peredaran Narkoba jenis baru tersebut.

“Kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap pelaku lainnya dan menghentikan penyebaran barang haram tersebut karena jenis Narkoba tersebut berasal dari wilayah Pekabaru dan bisa saja di distribusikan dari luar negeri,” katanya.

Reporter: Yola
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.