PALEMBANG

Kebutuhan Darah di Palembang Capai 7.000 Kantong Per Bulan

SIBERNAS.com, Palembang-Kebutuhan darah di Kota Palembang semakin meningkat sehingga membutuhkan upaya ekstra dari Palembang Merah Indonesia (PMI).

Ketua PMI Kota Palembang Fitrianti Agustinda melalui Sekretaris PMI kota Palembang, Hardayani mengatakan, pihaknya akan terus mencari pendonor darah untuk mencukupi kebutuhan darah.

“Kebutuhan darah di Palembang ini sekitar 5.000 – 7.000 kantong perbulan,” katanya, saat Musyawarah Kerja PMI Kota Palembang di Ballroom Hotel Emilia, Rabu (23/11/2022).

Kota Palembang berupaya untuk meningkatkan stok darah dengan lakukan kegiatan donor darah rutin di setiap kecamatan.

“Caranya dengan meningkatkan jumlah pendonor melalui kegiatan rutin di setiap kecamatan,” katanya.

Kegiatan donor darah di setiap kecamatan sudah dimulai sejak tahun ini hingga 6 Desember nanti, dan akan terus di lanjutkan pada tahun mendatang.

Lihat Juga :  Gubernur Sumsel Imbau Penyelenggara Tour dan Travel haji, umroh Terus Tingkatkan Pelayanan

Kegiatan donor darah yang dilakukan di setiap kecamatan ini, ternyata cukup efektif meningkatkan jumlah stok darah PMI, karena untuk rata-rata satu titik setidaknya dapat 100 kantong darah.

“Dalam satu hari kita lakukan di dua kecamatan. Dan kegiatan ini akan rutin setiap 3 bulan di setiap kecamatan di tahun depan,” katanya.

Selain dengan memperluas jangkauan donor darah ke kecamatan, PMI juga terus melakukan kegiatan donor darah dengan bekerjasama dengan instansi pemerintah, BUMD, BUMD maupun TNI/Polri. Menurutnya, PMI juga punya posko untuk pertolongan kecelakaan di Simpang 5 DPRD dan di lampu merah Seberang Ulu.

“Tapi ini belum begitu aktif karena baru dua hari dalam seminggu, kedepan ini akan lebih di efektifkan lagi, dan di perbanyak poskonya,” katanya.

Lihat Juga :  Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa di RSHS Bandung

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us