NASIONAL

Jajaki Program Kemitraan, SMAIT Al Furqon Kolaborasi Bersama UGM

SIBERNAS.com, Yogyakarta– Dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu lulusan peserta didik, SMAIT Al Furqon Palembang berkolaborasi bersama Universitas Gajah Mada (UGM)  Yogyakarta, guna membuka peluang bagi anak didik untuk mengetahui lebih dekat program dan keunggulan yang dimiliki UGM sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik nasional.

“ Alhamdulillah, ini  bukan kunjungan pertama SMAI Al Furqon di UGM setelah 4 tahun yang lalu. Dan semoga pertemuan ini juga dapat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak untuk menyiapkan diri agar lebih baik. Apalagi kalau  memiliki niat untuk menimbah ilmu di UGM, sudah tentu pasti sangat ketat seleksinya. Oleh sebab itu, ya harus benar-benar giat mempersiapkan diri baik mental maupun spiritualnya,   “ pesan Ustadz Mahyudi, Kepala SMAIT Al Furqon untuk anak didiknya.

Untuk diketahui sambungnya, dalam kesempatan melakukan penjajakan kemitraan dengan  UGM ini, SMAIT Al Furqon berkesempatan mengunjungi dua fakultas berbeda yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

“ Sebagai Universitas riset berkelas dunia, anak-anak dibawa untuk merasakan atmosfir pendidikan yang luar biasa di UGM sebagai perguruan tinggi yang memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan penelitian. Disini, mereka juga didorong untuk dapat melakukan dan mengembangkan berbagai penelitian yang berorientasi pada peningkatan kuantitas dan kualitasnya, “ ujarnya.

Lihat Juga :  PTBA Kirim Bantuan ke Korban Gempa Cianjur Jawa Barat

Kepada AsSajidin Ustadz Mahyudi  disela kegiatan Rihlah Tarbawiya mengatakan,  memang pihaknya mengagendakan kembali ke UGM sebab banyak siswa yang berminat melanjutkan study di kampus peringkat ke 12  se- Asia Tenggara tersebut.

“ Semoga dengan kunjungan ini, anak-anak dapat semakin berkualitas dan bermutu dalam mengembangkan dan menyalurkan potensinya dikampus super modern dengan segudang prestasi seperti UGM ini , “ katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma. Mengatakan jika, UGM kembali naik peringkat dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds Asia University Ranking (QS AUR) 2023. Dalam rilis yang dikeluarkan pada 8 November 2022 tercatat UGM berada di peringkat 56 Asia, naik 3 peringkat dari tahun lalu yang ada di posisi 59.

“Pada QS AUR 2023 UGM berhasil naik di peringkat 56 Asia. Sementara di Asia Tenggara UGM berada di peringkat 12,” jelasnya seperti dilansir dari ugm.ac.id.

Indra menjelaskan bahwa pada QS AUR 2023 ini UGM berhasil menjadi bagian dari 8% teratas di QS AUR. Tahun ini ada 760 perguruan tinggi di Asia yang mendapatkan penilaian.

Lihat Juga :  Tim Tenis Meja Sumsel Raih Perunggu di Porwanas 2022

Metodologi penilaian berdasar pada 11 indikator yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student, Staff with PhD, Citations per Paper, dan Papers per Faculty. Berikutnya, International Research Network, International Faculty, International Students, Inbound Exchange, serta Outbound Exchange.

Dari indikator tersebut, Academic Reputation menjadi indikator yang paling kuat pada peringkat 39. Lalu, disusul Employer Reputation di peringkat 47, International Faculty di peringkat 56, dan Inbound Exchange di peringkat 69.

Lebih lanjut Indra menyampaikan kedepan UGM terus mendorong peningkatan pada sejumlah indikator lainnya. Misalnya, pada indikator Staff with PhD, untuk meningkatkan dosen berpendidikan doktor, UGM mengirimkan dosen untuk studi lanjut ke luar negeri dan rekrutmen dosen diarahkan pada yang telah menempuh pendidikan jenjang S3. Kemudian pada indikator Citations per Papper dan Papers per Faculty, UGM berusaha meningkatkan publikasi dan sitasi para dosennya.

“UGM berkomitmen untuk terus berusaha meningkatakan visibilitas reputasi di level dunia dengan memperbaiki input dan proses pembelajaran,”tuturnya.

Editor :  Jemmy Saputera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us