LIFESTYLE

Seberapa Sering Baiknya Harus Mencuci Handuk? Simak Penjelasannya

SIBERNAS.com —  Berapa hari sekali kita harus mencuci handuk yang ideal, karena handuk mengabil salah satu peranan penting dalam kebersihan tubuh.

“Seminggu sekali tidak masalah selama Anda menggantungnya di tempat yang kering dan tidak membiarkannya jatuh ke lantai. Handuk yang digunakan setelah mandi bisa menjadi lembab sehinggga penting untuk dijemur,” tutur Kelly A Reynolds, PhD, profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Arizona

reynolds mengatakan, pada prinsipnya bakteri dan jamur akan mulai menumpuk setelah handuk digunakan, mengingat handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh yang baru saja dibersihkan dari kuman dan bakteri. Namun, pertumbuhan bakteri dan kuman bisa melambat jika handuk terjaga dalam keadaan kering.

Lihat Juga :  Tanaman Hias Hidup dengan Media Air, Ada Water Canna

Mengenai berapa kali seminggu mencuci handuk mandi, The Cleaning Institute merekomendasikan untuk mencucinya setelah tiga kali penggunaan.

Jika Anda mandi setiap hari, maka handuk wajib dicuci setiap dua kali dalam satu minggu.

Jadwal ini cukup ideal dalam membersihkan handuk agar tidak menumpuk bakteri, virus, maupun jamur dan menyebarkannya pada kulit.

Handuk yang sering disimpan atau digantung di kamar mandi, biasanya akan sangat lembap dan tidak kering sepenuhnya sehingga harus dicuci setiap kali setelah digunakan.

Melansir Healthline, handuk yang jarang dicuci atau hanya dibersihkan satu bulan sekali bisa menyebarkan virus, jamur, dan bakteri pada kulit.

Salah satu jenis bakteri di handuk kotor adalah bakteri Staphylococcus, dapat menyebabkan infeksi CA-MRSA (Community Acquired) yaitu ruam, gatal, bisul, folikulitis, dan selulitis.

Lihat Juga :  Patut Dicoba, Berikut 7 Cara Hilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Bakteri Staphylococcus tidak hanya berkembang biak pada handuk lembap yang kotor. Tapi bisa tumbuh di seprai kasur yang jarang diganti.

Jadi untuk mencegah terjadinya  penumpukan  bakteri Handuk bekas dipakai mandi sebaiknya langsung dijemur di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

Jangan memasukkan handuk basah bekas pakai ke keranjang cucian handuk berbau apak disarankan dicuci terpisah dengan pakaian lain supaya tidak tercampur dan selalu memakai handuk yang berbeda, khususnya untuk olahraga, mandi, mencuci muka, atau handuk kepala.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us