LIFESTYLE

Manfaat Skiping bagi Tubuh, Membakar Kalori Hingga Melatih konsentrasi

SIBERNAS.com —  Kalian pasti tidak asing lagi dengan kata skiping atau lompat tali, skiping sendiri merupakan olahraga yang banyak dilakukan oleh kalangan  mulai dari anak- anak hingga orang dewasa.

Olahraga skiping salah satu olahraga yang dianggap bisa yang dapat meninggikan badan. Selain itu, orang yang sedang berdiet atau yang ingin menurunkan berat badan juga menjadikan latihan ini untuk membakar kalori dan  olahraga ringan ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain diidentik dengan olahraga peninggi badan oalahrga skiping mempunyai manfaat lainnya yang kita dapatkan seperti :

  1. Memperkuat tulang
    Skipping sangat bermanfaat dalam melatih kekuatan sekaligus kepadatan pada tulang kaki. Sebab, tulang yang kuat merupakan faktor terbesar dalam menentukan kesehatan dan kekuatan fisik.Menurut hasil studi, rutin skipping 3 kali seminggu selama 6 bulan dapat membentuk kepadatan mineral tulang kaki dan tulang belakang secara signifikan.

    2. Cocok untuk pemanasan

    Selain memperkuat kepadatan tulang, skipping cocok untuk gerakan pemanasan atau warming up sebelum melakukan olahraga berat.

    Meski gerakan skipping tampak sederhana karena hanya melompat di tempat, latihan ini justru efektif mengaktifkan otot dengan cepat sehingga Anda bisa terhindar dari risiko cedera.

    3. Membakar lemak perut
    Skipping dapat membantu membakar kelebihan lemak di dalam perut, terutama jika Anda rutin melakukan skipping selama periode diet.

    Ini dikarenakan lompat tali termasuk ke dalam latihan HIIT atau intensitas tinggi. Skipping juga cocok dijadikan olahraga selingan untuk membantu mempertahankan berat badan.

    4. Membakar kalori tubuh
    Manfaat skipping berikutnya yaitu bisa membakar kalori tubuh secara menyeluruh dengan cepat. Skipping selama 15-20 menit per sesi, rata-rata bisa membakar 200-300 kalori.

    Berdasarkan hasil penelitian, orang dengan berat badan 56 kg yang melakukan skipping selama 30 menit, bisa membakar kalori tubuhnya hingga 340 kalori.

    5. Skipping setara kardio
    Rutin melakukan lompat tali dinilai sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi Anda.

    Melompat secara terstruktur dan terus-menerus dalam hal ini melakukan skipping, membutuhkan lebih banyak darah dan oksigen untuk dipompa ke otot-otot yang bekerja.

    6. Melatih keseimbangan
    Salah satu manfaat kesehatan lain dari latihan lompat tali adalah meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, terutama dalam mempertahankan kecepatan yang teratur dan stabil, mengutip Healthline.

    Antara mata, tangan, dan kaki sangat perlu seimbang. Apabila koordinasi tersebut tidak berjalan optimal, Anda bisa berisiko mengalami cedera.

    7. Meningkatkan massa otot
    Selain bermanfaat memangkas kelebihan lemak, skipping termasuk latihan terbaik untuk meningkatkan fungsi tubuh secara menyeluruh dan meningkatkan kekuatan massa otot.

    Sebab, gerakan lompat tali akan bergantung pada otot tubuh bagian bawah seperti betis, paha, dan bokong, sedangkan tubuh bagian atas yaitu bahu, bisep, serta otot perut.

    8. Melatih konsentrasi
    Skipping adalah latihan ritmis, yang berarti gerakan ini harus diselesaikan dalam urutan tertentu dan ritme yang tepat supaya kaki-kaki Anda bisa melewati setiap tali.

    Skipping bisa menjadi olahraga sederhana dalam melatih konsentrasi otak. Tak hanya itu, Anda pun dapat sekaligus berlatih untuk mengendalikan alur pernapasan tubuh.

    Latihan berbasis kardio bisa menguji kemampuan paru-paru untuk menyerap oksigen dan mengetahui efisiensi jantung saat memasok darah ke semua otot yang sedang bekerja.

    sumber : cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *