KULINER

Cilor Jolly2: Pernah Hasilkan Omzet Rp110 Juta per Bulan

SIBERNAS.com, Palembang-Berawal dari kegemaran jajan yang dilakukan Lidya Juliana (29) semasa gadis, memunculkan ide untuk berjualan cilor atau telur gulung. Bisnis ini ternyata menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak pernah disangka sebelumnya.

“Dulu tuh sering banget jajan telur gulung di depan SD Kartika, terus punya ide untuk jualan juga,” ujar Lidya.

Pada tahun 2016, dia merupakan pegawai di salah satu toko yang berada di Palembang Indah Mall (PIM). Ia tidak sengaja melihat informasi bazar kuliner yang akan di adakan pihak Mall. Tanpa pikir panjang, ia ikut serta dalam bazar kuliner tersebut dengan bantuan sanak keluarga.

“Saat itu saya masih kerja, jadi bazar dibantu oleh keluarga untuk jaga dan masak,” katanya.

Saat bazar kuliner berlangung, banyak jenis makanan yang ia tawarkan kepada pembeli termasuk cilor atau telur gulung.
Namun di luar dugaan, cilor yang ia jual mendapatkan respon positif dari pembeli. Dia tidak memperkirakan telur gulung bakal habis laku terjual dalam waktu singkat di Bazar Kuliner Mall.

“Ternyata jual 500 tusuk hanya butuh waktu 30 menit laku terjual, kami pun kaget dengan situasi itu. Jual telur bisa dapet omzet yang lumayan,” katanya.

Dia yang merupakan pelopor pertama menjual telur gulung di PIM, melihat peluang dan banyak peminat yang dimanjakan lidahnya oleh telor gulung Cilor Jolly2. Ia kemudian melanjutkan berjualan dengan mengikuti bazar yang diadakan oleh pihak Mall hingga saat ini.

“Saya berhenti bekerja dan fokus mengembangkan bisnis kuliner Cilor Jolly2. Bahkan dari gadis sampai sudah bersuami dan memiliki anak, jika ada kesempatan, kita akan buka bisnis kuliner lainnya,” ujar istri dari Ryan Adhitya Erwin.

Lihat Juga :  Surga Pempek Harga Rp1000-an di Pasar 16 Ilir, Tempat Jajan Capres RI, Walikota Hingga Artis

Menurut Pemilik aku instagram @cilor_jolly2, dia memilih PIM menjadi tempat berjualan dalam jangka panjang karena melihat bahwa pelopor pertama tempat makanan di Mall yaitu PIM. Kata dia, PIM adalah tempat pilihan masyarakat untuk berbelanja, bermain dan berjajan.

“Kalau di PIM kita sangat setia buka dari bazar dan tenant sebelum Covid-19, hingga Covid yang mulai landai sekarang tidak pernah tutup,” ujarnya saat dijumpai di lokasi tenant Cilor Jolly2 di PIM Palembang, Selasa (15/11/2022).

Banyaknya antusias masyarakat dengan jajanan telur gulung ini. Dia telah membuka cabang di beberapa tempat sebelum Covid-19. Namun, efek Covid-19 sangat mempengaruhi bisnis kuliner yang sedang ia geluti, sehingga dirinya memutuskan untuk menutup cabang dan fokus di lokasi pertama, yaitu PIM Palembang hingga sekarang.

Salah satu pemasaran yang ia lakukan dengan aktif mengikuti Bazar Kuliner yang diadakan oleh pihak PIM.

“Tenant ‘Nak Kemano’ tetap buka karena memang kita sewa jangka panjang, tapi jika pihak mall ngadain acara bazzar kuliner mingguan kita tetep ikut agar Cilor Jolly2 makin eksis dan tetap dikenal pecinta jajan,” katanya.

Saat ini, ia mengucapkan syukur karena pendapatan Cilor Jolly2 mengalami peningkatan. Pada hari weekday bisa mencapai Rp1 Juta/hari dan hari libur/weekend bisa mencapai Rp3 juta/hari.

“Bahkan pernah sebelum Covid-19 mendapatkan penghasilan kotor mencapai Rp110 juta per bulan. Setelah Covid-19, penghasilan tertinggi mencapai Rp35 jut bulan. Jauh turun pendapatan karena Covid,” ujarnya.

Meskipun saat ini orang yang berjualan cilor sudah menjamur, Cilor khas Jolly2 tetap berjalan dengan beberapa menu tambahan.

Lihat Juga :  Surga Pempek Harga Rp1000-an di Pasar 16 Ilir, Tempat Jajan Capres RI, Walikota Hingga Artis

Selain Cilor (Telur gulung) ada beberapa menu tambahan seperti Cikuah Rp15.000 per porsi (cimol yang disirami oleh kuah kaldu yang dominan pedas), Lumpiah basah per porsi(Rp22.000), Samosa atau kulit lumpia berbentuk segitiga yang digoreng dengan isian ayam dengan bumbu kari (Rp15.000 isi lima), Keju Aroma (Rp15.000 isi enam), telur gulung jumbo tanpa aci(Rp5000/tusuk).

“Harga telur gulung per porsinya 15 ribu (lima tusuk). Telur gulur khas Cilor Jolly itu bukan hanya telur saja melainkan aci berbentuk bulat ditusukkan ke lidi lalu digulung dengan telur saat menggoreng,” katanya.

Bahkan, ia mempunyai karyawan khusus untuk membuat pentolan aci agar bentuk dan ukurannya tetap sama merata. Untuk pangsa pasar, tambahnya Jajanan Cilor Jolly dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik lansia, orangtua, ibu hamil, dewasa, remaja hingga anak-anak.

Gencar promo dan lebih aktif postingan di sosial media, adalah salah satu cara owner untu memasarkan Cilor Jolly 2 agar tetap menjadi jajanan eksis di masyarakat.

Cilor Jolly2 juga menyediakan untuk pesanan dalam jumlah besar seperti acara Pernikahan, Aqiqah, Ulang tahun atau acara besar lainnya. Mulai dari harga Rp750.000 kamu sudah dapat cilor jolly sebanyak 300 tusuk. bisa dilakukan live/masak langsung di lokasi acara atau pemesanan sudah dalam kondisi jadi,” katanya.

Untuk orang yang ingin menikmati Cilor Jolly atau pemesanan dalam jnumlah besar di berbagai acara dapat menghubungi via WhatsApp 0977-9648-6321 (Lidya) atau mengunjungi tenant yang berada di Lower Ground-PIM.

Reporter: Trijumartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.