PALEMBANG

2021 Pemkot Tidak Dapat Jatah Jargas, Fokus Tambal Sulam

Sibernas.com, Palembang-Terkendala pandemi Covid-19, Kota Palembang tahun ini tidak mendapatkan jatah bantuan Jaringan Gas (Jargas) dari Kementerian ESDM. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang fokus melakukan sulam tambal di kawasan yang sudah terpasang.

Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Palembang Zulkifli mengatakan, tahun ini pemasangan jargas dari bantuan Kementrian ESDM masih dalam tahap penggusulan.

“Sudah diusulkan ke pusat, tapi karena pandemi ini dialihkan. Kami usulkan 20.000 sambungan yang akan didapatkan kemungkinan 2022,” kata dia, Rabu (3/3/2021).

Zulkifli mengatakan, meskipun tidak ada jatah dari pusat tahun ini, masih ada pengembangan Jargas dari SP2J.

“Seluruhnya sudah terpasang 37 ribu sambungan, diantaranya 7000 sambungan dari SP2J dan 30 ribu sambungan dari pusat,” tambahnya.

Lihat Juga :  Pemberi Kerja Wajib Bayar THR Paling Lambat H-7

Ia mengatakan, tahun ini tetap diusulkan bantuan pemasangan Jargas. Tapi sedikit berbeda peruntukkannya karena lebih difokuskan untuk menutupi kekosongan “tambal” di rumah yang wilayahnya sudah ada jargasnya.

“Jadi bukan daerah baru, tapi ini kita usulkan untuk di wilayah yang sudah terpasang jargas tapi yang ada rumah yang belum terpasang karena dulu menolak, tapi baru mau memasang sekarang karena melihat manfaatnya,” Zulkifli menegaskan.

Lanjut dia, ini merupakan lanjutan dari pemasangan sebanyak 10 ribu sambungan jargas didapat di 2020 lalu yang sudah terpasang semua bantuan dari Kementerian ESDM.

“Tahun lalu kita kuota semula 9.312 ditambah lagi 688 hingga jadi 10 ribu. Karena ini, kalau komitmen kita bagus mudah-mudahan tahun ini dapat lagi,” kata dia.

Apalagi, lanjutnya, Palembang harus semua terpasang jargas, itu target Pemkot Palembang.

“Pemasangan Jargas baik itu melalui bantuan kemen-ESDM, PGN ataupun SP2J,” katanya.

Reporter: Pitri
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.