SEHAT

Mengenal Manfaat Tomat Cherry untuk Kesehatan

SIBERNAS.com — Tomat cherry mungkin masih asing kita mendengarnya, tomat  cherry sendiri tomat  berukuran yang paling kecil namun memiliki  segudang kesehatan.

Sebagian besar varietas tomat cherry memiliki rasa asam, tapi ada pula jenis tomat yang memiliki rasa manis karena kandungan gulanya lebih tinggi.

Nutrisi tomat cherry sama baiknya dengan tomat pada umumnya. Sebanyak 100 gram tomat cherry mengandung 26 kalori, 1.6 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Buah ini juga mengandung serat sebanyak 1,6 gram serta berbagai macam vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral tertinggi dalam tomat cherry antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Ragam nutrisi inilah yang membuat tomat cherry memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beragam khasiat tomat cherry.

  1. Menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

Ada berbagai macam antioksidan di dalam tomat cherry. Di antaranya vitamin A, vitamin C, likopen, dan senyawa antioksidan fenolik. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker.

Lihat Juga :  Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Likopen pada tomat cherry juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Caranya dengan menjaga kadar kolesterol serta meningkatkan produksi senyawa khusus yang melindungi pembuluh darah dari peradangan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tomat cherry kaya akan kandungan kalium. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pengeluaran natrium dari tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Kalium biasanya identik dengan buah pisang. Nah, kandungan kalium dalam 10 butir tomat cherry setara dengan pisang berukuran sedang. Mengonsumsi tomat cherry akan mencukupi 10 persen kebutuhan kalium dalam sehari.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Tomat cherry juga memberikan manfaat bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Pasalnya, buah ini mengandung sedikit kalori dan kaya akan serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

Lihat Juga :  Kasus Polio Bertambah, Berikut Gejala dan Cara Mencegah

Bagi Anda yang sedang menjaga pola makan, tomat cherry bisa menjadi pilihan camilan yang menyehatkan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurnya dengan salad, atau memanggangnya sebentar untuk memberikan rasa gurih yang nikmat.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tomat cherry mengandung banyak vitamin C dan beta karoten yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bahkan, kandungan beta karoten pada tomat cherry lebih tinggi dibandingkan tomat pada umumnya.

Vitamin C bekerja dengan merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang menjaga kekuatan, kelenturan, dan kelembapan kulit. Sementara beta karoten bekerja dengan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Manfaat tomat cherry begitu beragam, bahkan tidak kalah dari jenis tomat yang lebih umum dikonsumsi. Buah ini pun bisa diperoleh dengan mudah serta dapat diolah dalam berbagai jenis hidangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us