PENDIDIKAN

Terapkan IKM, Siswa Harus Mampu Bersosialisasi dengan Lingkungan

SIBERNAS.com, Palembang–Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), sudah diterapkan di SMKN 5 Palembang.IKM yang dilaksanakan secara mandiri, tidak menjadi halangan bagi siswa maupun guru untuk bisa mengimplementasikan kurikulum baru tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Waka Kurikulum SMKN 5 Palembang Musnaini saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (8/11/2022).

Musnaini mengatakan, SMKN 5 Palembang sudah melaksanakan IKM pada tahun ajaran baru ini. Pihaknya menerapkan IKM di level satu yaitu mandiri belajar.

“IKM sendiri untuk membentuk karakter pada para siswa untuk lebih memahami dan mengembangkan diri. Menjadi pribadi yang baik dan mandiri, serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dilingkungan sekitar. Sebab IKM sendiri berpedoman pada pengamalan dari pancasila,” ujarnya.

Lihat Juga :  Jumlah Peserta Tes CAT PPPK Guru dan Kesehatan di Palembang

“Jadi bisa membuat siswa paham akan sebuah pelajaran. Siswa juga dituntut untuk dapat mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Selain itu, lanjut dia, pada IKM sendiri akan ada projek yang akan dilaksanakan oleh siswa. Jadi jika sudah paham dan mengerti maka siswa akan dituntut untuk dapat menerapkannya dalam bentuk projek.Selain itu, untuk buku dan peralatan lainya, semua siswa sudah menyesuaikan untuk IKM sendiri. Jadi baik guru dan siswa tidak memiliki kendala di bahan ajar.

“Saya berharap para guru dapat lebih baik dalam mengamati para siswa. Sebab di IKM ini dituntut kemampuan siswa bersosialisasi terhadap lingkungannya,” tandasnya.

Reporter: Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us