Uncategorized

Gerhana Bulan Total, Berikut Jumlah dan Rakaat Shalat Khusuf

SIBERNAS.com, Palembang-Gerhana Bulan Total terjadi karena konfigurasi antara Bulan, Bumi dan Matahari membentuk garis lurus. Gerhana Bulan Total pada pada 8 November 2022, akan mencapai puncaknya pukul 18.59 WIB, dan bisa dilihat di wilayah Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin mengatakan, salah satu amalan sunnah apabila terjadi Gerhana Bulan Total ini adalah dengan melakukan shalat gerhana bulan/ shalat Khusuf.

Salah satu amalan sunnah apabila terjadi gerhana adalah dengan melakukan shalat gerhana. Shalat gerhana adalah shalat sunah yang dikerjakan saat terjadi gerhana, baik gerhana matahari atau gerhana bulan.

Jumlah Al-Fatihah, rukuk, dan iktidal dalam 2 rakaat shalat gerhana ini berjumlah 4 kali.

Adapun tatacara Shalat Gerhana Bulan adalah sebagai berikut:

1. Berniat di dalam hati; Ushallî sunnatal khusûf rak‘ataini imâman/makmûman lillâhi ta‘âlâ (Saya berniat shalat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT).

2. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa.

3. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih).

4. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya.

5. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”.

5. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.

6. Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya.

7. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal).

8. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali.

9. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya.

10. Salam.

Setelah itu imam/Khotib menyampaikan khutbah sebanyak 2 khutbah (seperti khutbahnya shalat Idul Fitri/Idul Adha) kepada para jemaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar serta disunnahkan untuk bersedekah.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *