Uncategorized

Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Buatan Indonesia

SIBERNAS.com, Doha-Piala Dunia 2022 Qatar memiliki bola resmi bernama Al Rihla yang memiliki arti perjalanan. Al Rihla, keluaran Adidas itu ternyata diproduksi di Indonesia.

Piala Dunia 2022 Qatar semakin dekat. Segala persiapan dilakukan oleh pihak penyelenggara, salah satunya memperkenalkan bola resmi yang akan di gunakan dalam perhelatan tersebut. Bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar diberi nama Al Rihla, yang merupakan bola ke-14 berturut-turut yang di produksi oleh Adidas.

Adidas mempercayakan PT Global Wei Indonesia (GWI) sebagai perusahaan yang memproduksi Al Rihla. Bola Al Rihla yang diproduksi di di Madiun, Jawa Timur tersebut akan dikirim ke Qatar sebanyak satu juta bola.

Desain bola Al Rihla terinspirasi dari desain panel perahu tradisional Dhow yang memiliki warna dasar putih dengan motif segitiga berwarna biru, merah, hitan, dan kuning. Motif tersebut juga mewakili landscape di Doha dan juga bendera Qatar.

Al Rihla merupakan bola pertama didunia yang dibuat secara eksklusif dan ramah lingkungan. Bola tersebut diklaim sebagai bola tercepat dibanding edisi sebelumnya, dan memiliki akurasi yang cukup tinggi.

Berteknologi Tinggi

Kemudian bola Al Rihla dibuat dengan teknologi tinggi yang berfokus pada kecepatan sehingga bola bisa bergerak lebih cepat dengan akurasi dan stabilitas yang juga sudah diukur.

Terdapat dua desain teknologi baru tersebut adalah CTR-CORE dan Speedshell. CTR-CORE adalah bagian inti bola yang inovatif didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

Sedangkan Speedshell, yaitu merupakan kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta dilengkapi dengan bentuk panel dengan 20 bagian terbaru, yang meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan akurasi, stabilitas, dan tembakan yang tajam.

Desain Bola Al Rihla

Lalu desain bola Al Rihla itu sendiri terinspirasi oleh desain panel perahu tradisional Dhow dan memiliki pola solid biru, merah, dan kuning, yang mewakili lanskap di Doha, Qatar.

Selain itu, Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy, mengatakan Al Rihla merupakan bola pertandingan resmi yang menakjubkan, ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta berkualitas tinggi yang diprakarsai oleh Adidas.

“Yang akan dinikmati oleh para bintang yang tampil di puncak permainan mereka di panggung terbesar dunia di Qatar, serta pemain sepak bola di mana pun,” kata Pathy.

Selain diklaim sebagai bola tercepat dari edisi-edisi di Piala Dunia sebelumnya, Adidas juga menyebut kalau Al Rihla memiliki akurasi terbaik.

Franziska Loeffelmann, direktur Football Graphics and Hardwear di Adidas menjelaskan lebih detail mengenai kelebihan bola ini.

“Sepak bola menjadi lebih cepat, dan makin cepat, akurasi dan stabilitas bola di udara menjadi sangat penting.

Desain Al Rihla membuat bola mampu menjaga stabilitas saat berada di udara,” ujarnya.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *