WISATA DAN BUDAYA

Karnaval Hingga Permainan Tradisional Meriahkan KJPI 2022 di BKB

SIBERNAS.com, Palembang-Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke-IX 2-5 November 2022 akan di pusatkan di area Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang.

Event tahunan yang kebetulan 2022 ini diselenggarakan di Palembang ini akan mendatangkan lebih dari 10 ribu orang peserta dan wisatawan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa menyebut kesiapan event yang tinggal beberapa hari lagi sudah mulai matang.

Dilihat dari gapura, tenda dan panggung mulai terpasang di Kawasan BKB dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Kota Palembang tampak memperlihatkan kesiapan matang dari tuan rumah.

“Dari event Kota Pusaka atau JKPI ini, kami pusatkan juga acara di BKB dan Museum SMB II,” katanya saat melihat kesiapan lokasi, Senin (31/10/2022).

Dari perhelatan tersebut lanjut Dewa, akan menampilkan berbagai kegiatan kesenian khas Ibu Kota Bumi Sriwijaya dengan menggandeng Dewan Kesenian Palembang.

“Di BKB bakal ada karnaval, pentas seni, permainan tradisional dan puncak malam delegasi berkumpul di BKB dengan pakaian adatnya masing-masing,” katanya.

Sementara itu ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Iqbal Rudianto mengatakan, dari setiap agenda yang dilaksanakan JKPI di Palembang akan melibatkan kesenian khas Kota Palembang.

“Mulai dari penyambutan delegasi di Bandara, acara di Rumah Dinas, rakernas di Hotel Aryaduta hingga di BKB akan ditampilkan kekhasan budaya Palembang,” katanya.

Seperti diketahui, Kota Palembang masuk ke dalam 33 kota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Hal ini karena Kota Palembang dinilai memiliki banyak peninggalan sejarah dan merupakan kota tertua di Indonesia.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us