NASIONAL

Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang dengan Formula Material Baru

SIBERNAS.com, Jakarta — menyambut FIM World Superbike Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022, Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dalam tahap pembenahan yakni diaspal ulang menggunakan formula material baru.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, menjelaskan  pembenahan jalur lintasan atau track improvement Sirkuit Mandalika bakal rampung pada pekan ini.

“Track improvement berjalan sesuai rencana. Kami sedang dalam tahap akhir untuk pengaspalan ulang dari tikungan satu ke satu lagi,” ungkap Priandhi dikutip dari Antara.

Lanjut Priandhi menambahkan, track improvement Sirkuit Mandalika dilakukan atas permintaan Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Pengaspalan tersebut untuk menyambut putaran ke-11 FIM World Superbike Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022.

Lihat Juga :  Musibah di Hari Raya, Ratusan Rumah di Teluk Bentung Bandar Lampung Terendam Banjir

Dalam proses pembenahan tersebut, Sirkuit Mandalika menghadapi tantangan tersendiri. Sebab racikan material aspal harus benar-benar diperhatikan komposisinya, agar sesuai dengan kondisi suhu dan cuaca sekitar Mandalika.

“Membuat racikan untuk Sirkuit Mandalika tidak mudah,” ujar Priandhi. “Sirkuit berada di dekat laut. Cuaca berubah-ubah. Siang panas, kemudian sore berubah dingin, dan malam bisa basah atau lembab,” katanya sebagaimana dilansir dari detik.com

Meski begitu, Priandhi mengungkapkan Dromo selaku konsultan sudah menemukan racikan aspal yang tepat untuk sirkuit ini. “Dromo, konsultan yang sudah membangun puluhan sirkuit di dunia sudah membuat ramuan baru. Mereka sudah membawa batu-batuan dari Indonesia dan peracikan aspal dilakukan di Jerman dan Italia. Menurut mereka ini adalah racikan baru,” katanya lagi.

Lihat Juga :  Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 2024 Rabu 10 April

Selain lintasan utama, track improvement yang dilakukan adalah pelebaran run off dan cerb. “Cerb yang tadinya regular menjadi misano cerb. Jadi cerb dan run off sudah rampung dan tinggal mempercantik atau pengecatan saja. Target untuk semuanya rampung pada 25-27 Oktober ini,” katanya.

Priandhi juga mengungkapkan Dorna Sports puas dengan track improvement Sirkuit Mandalika. Pekan lalu CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dan Chief Sporting Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta telah bertemu dengan para pemangku kepentingan, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.