LIFESTYLE

Ragam Manfaat Bunga Telang! Bisa Mencegah Penuaan Dini

SIBERNAS.com- Bunga telang atau Clitoria ternatea dikenal cukup efektif menjaga kesehatan tubuh. diketahui juga bunga telang memiliki Macam-macam warna sehingga membuat banyak orang berlomba menanam bunga telang di halaman rumah mereka. Selain cantik, tanaman satu ini juga memiliki beragam manfaat yang perlu kamu tahu.

Dirangkum dari berbagai sumber, bunga telang Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, bunga telang juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kecantikan.

Bunga telang atau Clitoria Ternatea mengandung anthomicin dan antosianin yang kaya akan antioksidan dan polifenol. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit tampak kencang, awet muda, dan cerah.

Hingga kini, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bunga telang sebagai bahan bakunya. Tak hanya diolah menjadi teh untuk menjaga kecantikan dari dalam, bunga telang juga dapat digunakan sebagai bahan baku masker untuk menjaga kecantikan dari luar.

1. Mencegah penuaan dini
Bunga telang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol. Kulit membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan dan elastisitas secara umum. Antioksidan juga dapat membantu meminimalkan garis-garis halus dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

2. Menenangkan kulit yang iritasi
Sebuah penelitian menunjukkan bunga telang dapat membantu meredakan iritasi dan gatal pada kulit. Bunga ini juga membantu dalam mengendalikan kemerahan, jerawat, dan kekeringan. Selain itu, bunga telang juga memiliki efek memutihkan, yang berarti mengurangi bintik hitam pada kulit.

3. Mengurangi kemerahan kulit
Karena kemampuannya untuk menenangkan kulit yang teriritasi, bunga telang juga dapat meminimalisir kemerahan yang disebabkan oleh jerawat, kekeringan, dan iritasi umum.

Khasiat dalam kandungan bunga tersebut semakin besar ketika dikombinasikan dengan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

4. Melembapkan kulit
Penelitian yang sama menunjukkan khasiat bunga telang untuk meningkatkan retensi kelembapan pada kulit. Hal ini penting karena kelembapan harian membantu meningkatkan pergantian kulit untuk pulih secara alami.

Retensi kelembapan juga membantu menghentikan kekeringan dan meningkatkan keseimbangan lipid. Kulit yang terhidrasi dan lembap lebih tampak bercahaya dan awet muda.

5. Memperkuat struktur kolagen
Karena sifat anti-glikasinya, bunga telang dapat meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas dan kekencangan kulit.

Glikasi adalah reaksi yang menyebabkan kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan dengan memproduksi produk akhir glikasi lanjutan. Ketika produk akhir ini terbentuk, kolagen akan terpecah yang menyebabkan kerutan dan garis-garis halus.

6. Memperkuat skin barrier
Bunga telang yang mengandung antioksidan nabati dan vitamin antioksidan seperti vitamin A, C dan E dapat membantu memperkuat skin barrier. Skin barrier memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari iritasi, termasuk alergen dan bakteri.

7. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
Kandungan antioksidan pada bunga telang yang tinggi memberi kulit lapisan perlindungan ekstra terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan sinar UV. Kandungan antioksidannya antara lain flavonoid, antosianin, flavonol, alkaloid, saponin, dan banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *