PALEMBANG

Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan, TPS Liar di Kota Palembang Capai 456 Titik

SIBERNAS.com, Palembang-Membuang sampah sembarangan menjadi habit atau kebiasaan buruk yang masih terjadi di Kota Palembang. Kebiasaan membuang sampah sembarang terbukti dengan maraknya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang tersebar di 256 titik. Tumpukan sampah yang kerap kali banyak ditemui di pinggir jalan-jalan, ternyata bagian dari TPS liar yang diciptakan oleh oknum warga nakal.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang jumlah TPS liar ini memang banyak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Ahmad Mustain mengatakan, jumlah TPS yang ada di Kota Palembang ada sebanyak 832 TPS.

“Dari jumlah yang ada tersebut dengan rincian 129 TPS milik DLHK, 196 TPS swadaya, dan masih ada 456 TPS liar,” katanya,

Lihat Juga :  Empat Mantan Pejabat SP2J Korupsi Jargas, Ini Tanggapan Pj Walikota Palembang

Dikatakannya, kategori TPS liar ini, yaitu salah satunya TPS yang sampah sering kali dibuang ke pinggir jalan, atau bukan di tempat TPS DLHK ataupun swadaya.

“TPS liar ini ialah yang pembuangan sampah ada yang di pinggir-pinggir jalan, tapi tetap harus di angkut oleh DLHK,” katanya, Jumat (14/10/2022).

Persoalan ini sering kali menjadi sorotan, karena meski sudah diberikan sanksi sekalipun bagi pembuang sampah sembarangan, tapi tumpukan sampah ini tetap terjadi.

Dampak membuang sampah sembarang juga bisa menyebabkan banjir karena sampah selalu ditemukan menyumbang aliran air seperti drainase.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *