PALEMBANG

Putusan PTUN Tak Juga Dilaksanakan oleh Pemkot Palembang, WALHI Minta DPRD Bertindak

SIBERNAS.com, Palembang-Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan unjukrasa di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, Selasa (11/10/2022).

Unjukrasa ini sebagai bentuk permintaan kepada DPRD Kota Palembang untuk mengawal Pemkot Palembang dalam memaksimalkan penanganan banjir.

Belum tuntas persoalan banjir akhir 2021 yang sampai naik ke pengadilan, Kota Palembang telah direndam banjir lagi dua hari terutama kawasan R Soekamto dan sekitarnya.

Divisi Hukum dan Ham WALHI Sumsel Yusri Arafat mengatakan, WALHI menang menuntut Pemerintah Kota Palembang atas banjir 25-26 Desember 2021.
Maka, sesuai dengan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) beberapa bulan lalu, menyatakan WALHI Sumsel dan perwakilan masyarakat menang dalam gugatan permasalahan banjir kepada Pemkot Palembang.

Lihat Juga :  Tekankan Soal Jembatan Timbang dan Lahan Parkir, Ratu Dewa Pastikan Ubah Jam Keluar ODOL

Sebagai tergugat yang kalah, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang diwajibkan memenuhi tuntutan masyarakat dalam pengendalian banjir. Di antaranya pembenahan drainase dan kolam retensi, lalu menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan upaya pengendalian banjir lainnya.

“Karena berdasarkan pembuktian di pengadilan, bahwa drainase ataupun kolam retensi tidak mampu menampung debit air sehingga terjadilah banjir,” katanya.

Bahkan, menurutnya, tuntutan dari WALHI yang mewakili masyarakat Palembang ini belum dilaksanakan oleh pemerintah.

“Kita sudah menyerahkan surat pelaksana sukarela ke walikota, tapi tidak ada eksekusi dari walikota,” katanya.

WALHI meminta DPRD Kota Palembang untuk memprioritaskan eksekusi tuntutan tersebut.
Mengawasi dan mengawal juga mengutamakan dengan penganggaran terkait infrastruktur penanganan banjir di Palembang.

“Jika tidak ditindaklanjuti ini akan jadi masalah besar bagi Pemkot dan DPRD, karena akan mengancam keselamatan warga,” katanya.

Kabag Fasilitasi DPRD Kota Palembang Yohanalia mengatakan, pihaknya menerima aspirasi yang disampaikan oleh WALHI.

“Karena anggota dewan sedang dinas luar, maka akan kami sampaikan hasil dari pertemuan dengan WALHI ini besoknya,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *