LIFESTYLE

Jenis Tanaman Mempercantik Dalam Ruangan

SIBERNAS.com — Mempercantik ruangan dalam rumah salah satunya bisa menambahkan tanaman  sebagai dekorasi, menambahkan tanaman didalam ruangan  bukan hanya mempercantik bahkan  bisa membuat  ruangan menjadi asri.

Lantas tanaman jenis apa saja yang pantas dan baik untuk menjadi pengihian dalam ruangan?.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi tanaman yang bisa anda lentakan di dalam ruangan rumahmu:

  1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua sangat cocok sebagai tanaman dalam ruangan yang cantik karena tidak butuh banyak perawatan, cahaya, dan air.

Selain membuat tampilan ruangan menjadi cantik, tanaman ini juga bisa menyaring zat-zat oksida berbahaya, seperti karbondioksida, formalin, dan benzena. Tempatkanlah Lidah Mertua di rak display dekat TV, dalam kamar mandi, atau ruang tidur agar udara di dalam rumah lebih segar dan bersih.

  1. Spider Plant

tanaman dalam ruangan Spider Plant tampil dengan juntaian helai daun hijau yang cantik rupanya. Peran spesial dari tanaman dalam ruangan Spider Plant adalah bisa beraksi sebagai penyaring toksin di dalam rumah sekaligus memberi kesan alami di dalam ruangan. Selain itu, Spider Plant juga mampu menyerap zat-zat kimia yang dihasilkan oleh kulit dan karet. Tanaman dalam ruangan Spider Plant cocoknya digantung di pot kecil yang sudah dilubangi supaya bisa tumbuh dengan baik.

  1. 3. Tanaman Pachira (Money Plant)

Jenis tanaman hias yang satu ini banyak digandrungi sebagai tanaman dalam ruangan yang bisa memberikan nilai feng shui rumah baik, terutama menyangkut peruntungan finansial sehingga sering disebut Money Plant. Tak hanya itu, tanaman dalam ruangan ini bekerja memproduksi oksigen pada malam hari sehingga ruangan rumahmu akan jadi lebih sejuk dan segar.

Tanaman Pachira atau Money Plant juga sangat mudah perawatannya. Cukup disiram setiap minggu, tanaman Pachira akan tumbuh agak miring dengan warna hijau terang. Variasi vas seperti botol kecil, mason jar, hingga kontainer bekas lainnya menjadikan tanaman dalam ruangan ini semakin cantik.

  1. Bunga Peace Lily

Bunga Peace Lily tanaman tanpa membutuhkan banyak sinar matahari langsung, tanaman dalam ruangan ini bisa mekar dengan daun hijau yang berukuran agak besar dan kelopak putih yang cantik.

Tak hanya cantik saja, tanaman dalam ruangan yang juga dipercaya sebagai tanaman pembawa hoki ini memiliki kemampuan untuk menyerap zat kimia beracun di dalam ruangan, lho! Zat beracun yang bisa diserap Peace  Lily, seperti senyawa kimia pada cat dinding rumah atau pada beberapa peralatan rumah tangga.

  1. Palem Kuning

Palem kuning memiliki ciri pelepah daun yang panjang dan menutupi bagian batang yang beruas. Sebagai tanaman dalam ruangan, palem kuning memunculkan nuansa tropis yang santai, tapi tetap enak dipandang. Kamu bisa menempatkannya di ruang tamu, persisnya di sebelah sofa bed atau kursi goyang.

Tanpa butuh banyak asupan sinar matahari langsung, kamu cukup rajin memberinya pupuk supaya daunnya senantiasa rindang. Pilih juga pupuk organik supaya kemampuannya sebagai penyerap udara buruk di ruangan semakin maksimal. Jangan lupa untuk memberikn air secara berkala, ya karena tanaman dalam ruangan ini tumbuh subur di tempat yang lembap.

  1. Tanaman Hias Philodendron

Tanaman dalam ruangan yang bernama Philodendron ini memunculkan kesan elegan dengan detil yang memesona. Daunnya tumbuh berbentuk hati dengan helaian yang terpisah warna hijau memikat. Philodendron dapat bertumbuh dalam kondisi intensitas cahaya yang rendah.

Tanpa butuh banyak perawatan, tanaman ini cocoknya diletakkan di sudut interior ruang keluarga karena kurang sesuai untuk anak kecil dan hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan, tanaman Philodendron mengandung kristal kalsium oksalat yang cukup berisiko bagi kesehatan jika terkonsumsi. Meskipun demikian, tanaman dalam ruangan ini tetap mampu memurnikan udara di dalam rumahmu.

  1. Asparagus Fern

Aksen dekoratif dari Asparagus Fern menjadikannya tanaman dalam ruangan yang unik dan menarik. Tanaman ini paling ideal ditanam dalam bentuk pot gantung atau dekorasi vas bunga supaya tidak mudah dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Posisi gantung pun akan semakin memaksimalkan estetikanya sebagai tanaman dalam rumah.

Selain untuk dekorasi ruangan, tanaman dalam rumah ini juga mampu melenyapkan senyawa formalin yang biasanya terkandung dalam perabotan rumah yang terbuat dari kayu, seperti tempat tidur atau lemari pakaian. Oleh karena itu, tanaman dalam ruangan Asparagus Fern sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak furnitur atau  perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan kayu.

  1. Lidah Buaya

Tak hanya terkenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk kecantikan, tanaman dalam ruangan lidah buaya ini juga terkenal bermanfaat untuk menghancurkan senyawa benzena yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Senyawa benzena itu sendiri biasanya terkandung di dalam cat dinding rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman lidah buaya ini di atas meja kerja atau meja belajar agar pikiran lebih fresh.

 

 

Sumber : dekoruma.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *