OLAHRAGA

FIFA Bekukan Sepak Bola India, ada Apa?

SIBERNAS.com — Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi menjatuhkan hukuman pembekuan kepada All India Football Federation (AIFF) pada Selasa (16/8).

Federasi sepak bola dunia itu menyebut All India Football Federation telah melakukan “pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA”.

Statuta FIFA mengatur setiap anggota federasi harus terbebas dari pengaruh politik dan hukum dari negara mereka.

Pelanggaran itu terjadi setelah Mahkamah Agung India membubarkan pengurus AIFF pada Mei dan menunjuk Komite Administrator yang diisi tiga anggota untuk mengelola sementara tata kelola sepak bola India.

Bahkan Mahkamah Agung India meminta Komite Eksekutif AIFF untuk menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh Komite Administrator (CoA). Intervensi dari pengadilan tinggi India ini dinilai melanggar Statuta FIFA.

Lihat Juga :  Bank SumselBabel Buka Putaran Kedua Dengan Kemenangan Dalam Turnamen PLN Mobile Proliga 2024

Akhirnya FIFA menghukum AIFF dengan sanksi pembekuan yang diumumkan lewat situs resmi Badan Sepak Bola Dunia pada Selasa (16/8).

“Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dikutip dalam rilisnya di situs resmi.

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,,” tulis FIFA menambahkan sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com

Penangguhan tersebut berarti membuat Piala Dunia Wanita U-17 2022 yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022 saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *