LIFESTYLE

Tunik, Inspirasi Fashion Muslimah Zaman Milenial

Fashion Muslimah. (Foto: IST).

SIBERNAS.com, Palembang-Pilihan busana untuk berhijab kini sangat beragam. Selain tunik panjang atau busana muslim bentuk abaya, Anda bisa menggunakan teknik layering dan mengenakan outerwear panjang sebagai pelengkap sekaligus aksesori gaya.

Pilih yang memiliki bahan tipis sehingga nyaman dan tidak panas bila dipadu dengan kaus panjang. Hingga saat ini telah banyak tunik yang di jual belikan di pasaran dengan bentuk dan model yang berbeda-beda. Beberapa diantanya adalah tunik simple, tunik jeans, tunik peplum, tunik asimetris, tunik rompi, dan lain sebagainya. Anda tentu bisa tentukan sendiri jenis tunik yang dipesan sesuai dengan selera pasar.

Tunik juga tersedia dalam warna yang cerah hingga jenis warna netral dan bisa dipadu padankan dengan penggunaan hijab untuk tampilan yang lebih sopan serta menutup aurat.

Khusus di Indonesia sendiri Tunik lebih banyak diproduksi sebagai model busana musli, karena ukurannya yang cenderung longgar’. Selain dibuat longgar kebanyakan tunik juga dibuat lebih panjang bukan sebatas pinggul atau paha tetapi ada juga model tunik yang panjangnya sampai lutut.

Menurut salah satu mahasiswi di salah satu kampus swasta yag ada di Kota Palembang sekaligus muslimah, Retno dirinya menyukai pakaian tunik karena model pakaian tunik sangat cocok dipakai untuk muslimah seperti dirinya karena bentuknya yang yang tidak menampilkan lekuk tubuh dan bagian bokong.

“Kalau tunik longgar jadi bisa menutupi bagaian bokog dan paha, sesuai juga jengan syariat islam bagi muslimah,” katanya.

Retno menambahkan, untuk jenis tunik sendiri tidak perlu dipermak (dijahit kembali).

“saat membeli baju tinik model ukirannya sudah pas sehingga bisa langsung dipakai, kalau pakaian lain seperti gamis atau daster suka kepanjangan dan tidak pas di tubuh, jadi saya harus memotong bagaian bawah agar tidak terlalu panjang. Kebalikannya kalau membeli gamis yang ukurannya kecil di tubuh saya dan tidak sesuai dengan panjang tubuh saya, area dada pasti tidak muat, jadi repot,” ujarnya menambahkan.

Retno mengatakan, ada satu poin
yang membuat dirinya menyukai tunik, agar tubuhnya bisa keliatan tinggi.

“Postur tubuh saya kelihatan pendek, kalau pakai gamis saya terlihat sangat pendek, oleh karena itu saya pilih untuk pakai tunik saja. Tunik yang punya model panjang sampai ke dengkul membuat saya terlihat ramping dan juga memberi efek terlihat tinggi,” katanya.

Bagi muslimah, memilih pakaian merupakan hal penting karena harus sesuai dengan tuntunan agama. Untuk bisa tampil berhijab dengan tunik muslimah, maka tidak ada salahnya Anda mencari beberapa ciri busana dari tunik muslimah yang berikut ini:

Tidak Transparan

Hindari memilih jenis tunik yang tembus pandang dan dengan jenis kain yang tebal. Pastikan jika tunik tersebut juga tidak menampakkan bentuk tubuh saat penggunanya terkena air hujan atau saat keringatan akibat panas.

Longgar

Lihat Juga :  Miliki Daya Tarik Tinggi, Berikut Jenis Ikan Discus yang Populer Beserta Harganya

Tunik juga sebaiknya tidak terlalu ketat hingga menampakkan lekuk tubuh. Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang telah banyak tersedia berbagai ukuran tunik yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran badan yang dimiliki.

Paduan Hijab

Selain ciri tunik untuk wanita muslimah juga sebaiknya memadu padankan pakaian yang satu ini dengan hijab dan bawahan yang tepat. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan celana legging. Hal ini dilakukan untuk menghindari bentuk kaki yang terlihat saat beraktivitas di luar ruangan.

Warna Cerah

Gunakan tunik berwarna cerah. Hindari warna-warna gelap yang akan membuat kamu terkesan semakin kurus dan kecil. Warna cerah dan soft seperti warna pastel dapat menjadi pilihan agar tampil manis dan ceria tanpa terkesan mencolok.

Bermotif

Tunik motif sangat dianjurkan. Untuk kamu yang menyukai baju bermotif, kesukaan kamu adalah pilihan yang tepat. Sebab, baju dengan motif banyak akan membuat tubuh kamu terkesan semakin berisi dan gemuk.
Sesuaikan alur motif dengan tinggi kamu.

Jika kamu kurus mungil, gunakan baju motif garis-garis vertikal tebal untuk memberi kesan lebih tinggi dan berisi. Sedangkan jika kamu kurus tinggi, gunakan baju motif garis-garis horizontal untuk kesan lebih gemuk berisi. Padukan dengan basic pants atau rok. Hindari menggunakan legging atau skinny pants karena kan memberi kesan kaki yang semakin kecil dan kurus. Sebaliknya, gunakan celana basic atau rok.

Reporter: Yola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.