LIFESTYLE

Jenis Ikan Discus yang Cantik Untuk Isi Aquarium

SIBERNAS.com– Bagi yang senang memelihara ikan hias dirumah, ikan diskus  bisa menjadi salah satu pilihan, karena ikan discus memilik corak yang cantik.

Istilah “Diskus” muncul karena bentuk “cakram” yang datar dan melingkar dari ikan ini. Ikan discus biasanya sangat pemalu dan tenang, sehingga tidak akan merusak taman buatan di aquarium Anda.

Selain itu, jenis ikan discus menyukai banyak tempat persembunyian. Dan penting untuk diperhatikan, butuh waktu bagi ikan discus untuk beradaptasi di akuarium baru. Lalu apa saja jenis ikan discus yang bisa menjadi pilihan untuk dipelihara? Berikut beberapa jenis ikan discus tercantik:

Jenis Ikan Diskus

Hanya di satu wilayah dunia ikan discus ditemukan, Sungai Amazon. Jenis ikan discus diklasifikasikan menjadi spesies alami dan spesies buatan manusia.

Red Tropical Symphysodon Discus

Jenis ikan discus yang pertama yaitu Discus Heckel, atau diskus Symphysodon, berasal dari wilayah tengah/timur Amazon, yang berasal dari Rio Negro di Brasil. Spesies ini mudah dikenali dengan melihat garis yang melintang secara vertikal di seluruh tubuh.Diskus Heckel juga dikenal sebagai Ikan Pompadour dan tersedia dalam dua varietas, Diskus Heckel Merah dan Pineapple Discus. Tubuh Heckel Merah berwarna coklat kemerahan, ditandai dengan urat biru atau pirus dan warna merah di tepi sirip. Jenis diskus ini secara luas dianggap sebagai salah satu ikan air tawar yang paling indah.

Pigeon Blood Discus

Pertama kali dibiakkan di Thailand pada 1980-an, jenis ikan discus ini diberi nama karena matanya yang berwarna merah gelap, dikatakan menyerupai rubi “darah merpati ” yang populer di wilayah tersebut.

Varietas ini memiliki warna dasar yaitu oranye terang, seperti krim. Di atas ini adalah pola sarang lebah merah cerah yang menutupi seluruh tubuh mereka. Garis-garis vertikal mereka benar-benar tidak terlihat banyak dan mereka biasanya memiliki ekor hitam.

Cobalt Discus

Cobalt Blue Discus, juga dikenal sebagai Neon Blue Discus, adalah warna biru langit yang cemerlang. Warna keseluruhan Discus akan bervariasi tergantung pada suasana hati dan kesehatan ikan secara keseluruhan. Cobalt Blue Discus membutuhkan perawatan tingkat lanjut karena kebiasaan makan dan persyaratan penyaringan airnya.

Ring Leopard Discus

Jenis ikan discus berikutnya yaitu Ring Leopard Discus. Keindahan jenis ikan discus ini membuatnya lebih mahal untuk dijual hari ini. Pola mereka terlihat seperti cetakan macan tutul karena mereka memiliki bintik-bintik bulat besar yang menunjukkan warna dasar di tengah. Mereka memiliki sembilan garis vertikal yang sangat samar.

Brown Discus (Symphysodon Aequifasciata Axelrodi)

Diskus coklat biasanya memiliki sirip perut yang panjang dan ramping serta sirip dada yang transparan. Diskus coklat sebenarnya merupakan subspesies dari diskus hijau dan banyak didatangkan dari Asia Tenggara.

Warna rona diskus coklat yang dipelihara di akuarium biasanya memiliki warna merah yang lebih dalam dibandingkan dengan diskus yang ditangkap di sungai. Diskus Coklat adalah diskus paling populer

Green Discus (Symphysodon Aequifasciata Aequifasciata)

Ada garis biru kehijauan hingga biru yang melewati kepala dan bagian atas tubuh cakram hijau ikan discus tersebut. Warna tubuhnya coklat kekuning-kuningan dan bagian bawah tubuh ditutupi bintik-bintik merah. Sirip dubur dan sirip punggung berwarna biru kehijauan dan memiliki garis merah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *