Uncategorized

Fokus Cetak Generasi yang Unggul, MTQH Kota Palembang Resmi di Buka

SIBERNAS.com, Palembang– Walikota Palembang H. Harnojoyo melalui Asisten I Setda Kota Palembang resmikan langsung pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadist (MTQH) Tingkat Kota Palembang 2022 pada Minggu, (13/03/22) di Pelataran Masjid Darussaid.

Dalam kata sambutannya, Drs. Yanurpan Yany, salah satu hal yang terpenting dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits ini adalah kualitas penyelenggaraannya sehingga Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits Tingkat Kota Palembang dapat mencetak dan melahirkan Qori/Qori’ah, Hafidz/Hafidzoh, Mufasir/Mufasiroh, Khottot/Khottoto yang handal.

“Pencetakan generasi penerus yang unggul adalah poin utama. Sehingga kita bersama dapat melakukan syiar Islam dan dapat terus bersinergi dengan program Pemerintah Kota Palembang untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Masyarakat Palembang kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Dilaksanakan selama satu pekan mulai tanggal 13-19 Maret 2022, agenda MTQ tahun ini mengusung tema ‘Dengan MTQH Tingkat Kota Palembang, Kita Implementasikan Nilai-Nilai Al Quran dan Hadits dalam memperkuat mental spiritual menuju Palembang EMAS Darussalam 2023’.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Palembang Nur Ainun Tanjung menyampaikan harapannya terkait objektifitas sistem penilaian dari Dewan Hakim yang akan bertugas selama masa pelaksanaan MTQH 2022.

“Kami harapkan kepada Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis Kota Palembang dapat mencurahkan kemampuan yang dimiliki sehingga para kafilah yang mengikuti perlombaan ini dapat mengikutinya sesuai dengan ketentuan dan penilaian yang obyektif agar terlahir generasi yang benar-benar kompeten,” katanya.

Pelaksanaan lomba akan berlangsung di 4 lokasi yaitu Masjid Darul Quddus, Masjid Darussaid, Masjid Al Hikmah, dan Pasar Ikan Modern Kota Palembang.

Cabang perlombaan Tartil Al-Quran, Tahfidz dan Tilawah Al-Quran 1 Juz, Tahfidz dan Tilawah Al-Quran 5 Juz, Tahfidz Al Quran 10 Juz, Tahfidz Al Quran 20 Juz, Tahfidz Al Quran 30 Juz dilaksanakan di Masjid Darul Qudus.
Cabang perlombaan Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Indonesia, Tafsir Bahasa Inggris, Hafalan 100 Hadist dengan Sanad, dan Hafalan 500 Hadist tanpa sanad  dilaksanakan di Masjid Al Hikmah.

Cabang perlombaan Khot Dekorasi, khot hiasan mushaf, khot kontemporer, khot naskah, syahril Al Quran dan Fahmil Al Quran dilaksanakan di Pasar Ikan Modern Palembang.

Sedangkan cabang perlombaan Tilawah anak, Tilawah remaja, Tilawah dewasa, Tilawah cacat netra, Qiroat Sabaah Mujawwat Dewasa, Qiroat Sabaah Murottal remaja, Qiroat Sabaah Murottal Dewasa, dan Karya Tulis Al Quran dilaksanakan di Masjid Darussaid.

Reporter : Tri Jumartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *