WISATA DAN BUDAYA

Pesona Wisata Desa Sungsang Banyuasin, Ada Lumba-Lumba dan Burung Migran

Sibernas.com, Banyuasin-Sungsang merupakan salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Desa Sungsang memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan.

Sudah banyak sekali para wisatawan baik dari lokal maupun manca negara mengunjungi kawasan tersebut. Keindahan alam, budaya dan kuliner khas Sungsang menjadi daya tarik sendiri.

Total di Kecamatan Banyuasin II ini ada 5 Desa Wisata yang berhasil dicatat Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Banyuasin. Nama-nama Desa tersebut yaitu Desa Marga Sungsang, Desa Sungsang I, Desa Sungsang II, Desa Sungsang III dan Desa Sungsang IV

Desa Wisata Sungsang memiliki potensi wisata walaupun belum terkelola maksimal. Di sini Anda bisa melihat lumba-lumba dan burung bermigrasi.

Keberadaan desa tertinggal di dekat pesisir pantai sering dipandang sebelah mata. Tapi jangan salah karena jika dikelola, desa ini bisa menjadi destinasi wisata yang istimewa.

Desa Wisata Sungsang terletak di pesisir arah laut yang menjadi pusat peristirahatan para nelayan di Banyuasin. Untuk menuju lokasi, dibutuhkan waktu 2,5 jam dari Kota Palembang. Akses ke lokasi ada dua alternatif, bisa memakai jalur darat atau naik speed boat.

Lihat Juga :  Berbagi Bubur Assyura di Masjid Suro Palembang

Jika ingin menikmati panorama alam di sepanjang Sungai Musi, tentu lebih baik menggunakan speed boat. Sebab sebelum sampai ke desa wisata itu akan ada “sambutan” dari lumba-lumba dan burung migran asal Siberia.

Burung Migran

Burung migran ini hanya datang sekali dalam setahun, bulan Oktober sampai Desember. Air surut merupakan waktu yang tepat untuk melihat burung migran mencari makan di lumpur

Seperti Kampung Nelayan di kawasan Sungsang yang dijadikan destinasi wisata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin yang sudah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun belakangan. Sejumlah wisatawan dari dalam negeri bahkan luar negeri mengunjungi kawasan Sungsang, sudah mencapai ratusan bahkan ribuan orang.

Berikut Nama-Nama Daya Tarik Pariwisata Sungsang:

1. Di Desa Marga Sungsang ada daya tarik pariwisata seperti Kuliner Khas Sungsang, Pondok Santai Cek Diah, Dermaga Sungsang, Spot Sunset, Objek Swafoto, Pusat oleh – oleh Khas Sungsang, Hotel Sungsang Bintang 2 dan Pasar Sungsang.

Lihat Juga :  Berbagi Bubur Assyura di Masjid Suro Palembang

2. Di Desa Sungsang I ada Kampung Nelayan, Objek Swafoto, Spot Sunrise dan Sunset, Pelelangan Ikan dan Udang Khas Sungsang, Susur Sungai, Homestay, Kuliner Khas Sungsang, Pusat oleh – oleh khas Sungsang dan Pasar Sungsang.

3. Desa Sungsang II ada Pulau Alangan Tikus, Pulau Keramat, Makam Religius, Objek Swafoto, Spot Sunset dan Sunrise, Wisata Pesisir Pantai, Wisata Hutan Bakau, Kampung Wisata Dusun Sungai Bungin, Buaya, Homestay, Masjid Jami’ sebagai Masjid tertua di Sungsang.

4. Di Desa Sungsang III ada Kuliner Nongky and Culinary, Rumah Oleh – oleh Khas Sungsang, Masjid Babbusalam, Makam Buyut Moneng, Eduwisata Sejarah Sungsang, Eduwisata Seni Budaya Sungsang (Terebangan, Ande-Ande dan Tarian), dan Pulau Puyung.

5. Di Desa Sungsang IV ada Wisata Religi Malam KH. Mesir, Objek Swafoto, Kuliner Khas Sungsang, Home Stay, Kapal Pesiar, Buaya Muara, Spot Mancing, Tempat Pelelangan Ikan dan Udang Khas Sungsang, Dermaga, Kampung Nelayan, Kampung Wisata Dusun Sembilang, Taman Nasional Sembilang.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us