EKONOMI

Pinjaman Pemkot Palembang Disetujui, Cicilannya Rp3 Miliar Perbulan

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meminjam dana untuk kebutuhan pembangunan Kota Palembang kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, pinjaman itu sudah diajukan untuk tahun 2021 lalu tetapi karena perjanjian akhir 30 Desember maka dana itu akan cair pada Januari 2022.

“Pinjaman dari PT SMI sebesar Rp112 miliar masih menunggu proses pencairan. Untuk pembangunan infrastruktur sesuai dengan pengajuan awal,” katanya, Selasa (11/1/2022).

Dana ini peruntukannya didominasi untuk Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PeraKP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

“Tidak boleh di luar dari pengajuan awal, harus sesuai,” katanya.

Lihat Juga :  Fokus Keberlanjutan: Ada tren yang berkembang menuju pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan di Dubai.

Pemkot lebih memilih meminjam pada SMI karena pemberian bunga pinjaman yang lebih rendah dibandingkan perbankan. Pinjaman dengan tenor 3 tahun/ 36 bulan ini diberi bunga 5,3%.

“Sedangkan pinjaman dengan bank bunganya sekitar 12%, pinjaman ini juga karena pendapatan daerah tidak tercapai,” katanya.

Awalnya Pemkot Palembang mengajukan pinjaman pada SMI 2021 lalu Rp116 miliar. Namun setelah dievaluasi oleh PT SMI, disetujui Rp112 miliar. Pembayaran hutang dilakukan secara cicilan setiap bulan.

“Setiap bulan yang harus dibayarkan Pemkot sebesar Rp3 miliar,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *