LIFESTYLE

Banyak yang Belum Tahu! Begini Cara Memilih Durian Bagus, Matang dan Manis

SIBERNAS.com –Selama ini, kebutuhan durian dunia banyak dipasok dari negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Indonesia. Berdasarkan, data Badan Litbang Kementan, Pulau Kalimantan merupakan salah satu pusat asal dan keragaman kerabat durian.

Terdapat 22 spesies durian di Kalimantan. Namun, sekalipun durian selama ini melimpah di pasar, terutama pada saat musim panen, masih banyak orang yang kesulitan untuk menemukan buah yang memiliki kualitas bagus dengan cita rasa tinggi. Keluhan semacam itu bahkan diungkapkan para pecinta durian di luar negeri.

Berikut cara memilih durian yang bagus matang dan manis:

Perhatikan bentuk durian Durian yang berbentuk bulat dipercaya memiliki daging yang lebih banyak dan tebal daripada buah durian yang berbentuk lonjong.

1. Perhatikan bentuk durian

Durian yang berbentuk bulat dipercaya memiliki daging yang lebih banyak dan tebal daripada buah durian yang berbentuk lonjong.

2.  Perhatikan berat durian

Pilihlah durian dengan berat ringan. Sebab, berat yang ringan adalah pertanda durian telah matang dan memiliki daging yang banyak. Sementara durian yang berat biasanya bijinya yang besar, bukan dagingnya.

3. Amati tangkai durian

Tangkai yang tebal dan pendek menandakan durian memiliki daging tebal dan banyak. Sedangkan tangkai buah durian yang ramping dan panjang biasanya menandakan durian memiliki daging sedikit dan tidak terlalu tebal.

4. Ketuk buah durian

Ciri-ciri kematangan bisa diketahui dengan mengetuk buah durian tersebut. Cara ini juga sering dilakukan oleh para penjual durian jika ingin memilihkan untuk pembelinya dengan cara mengetuk-ketuk. Cermati bunyi yang timbul. Apabila durian telah matang, saat diketuk bunyinya akan terasa sedikit berat seperti “bluk-bluk.” Bunyi yang seperti muncul dari buah berongga menjadi tanda bahwa durian sudah tak lagi segar.

5. Cermati bentuk durinya

Durian yang memiliki duri pendek dan jarang biasanya memiliki rasa manis. Jika durian memiliki duri panjang dan rapat biasanya memiliki daging yang sedikit.

6. Cium aroma durian

Durian yang memiliki aroma harum kuat biasanya memiliki daging yang kuning dan manis. Aroma harum ini dapat tercium meski buah durian belum dibelah.

7. Lihat bagian atas durian

Durian yang baru saja dipetik akan memiliki getah di atas buahnya. Getah yang kering merupakan tanda durian telah lama dipetik.

8. Perhatikan kulit durian

Pilihlah durian yang kulitnya masih tertutup. Sebab, jika kulit buah durian telah terbuka, dagingnya kan terkena angin. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar.

9. Jangan berpatokan pada warna

Jangan menjadikan patokan warna kulit sebagai pertanda rasa durian. Warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Sebab durian memiliki 3 warna, yaitu hijau, kuning, coklat. Kulit berwarna hijau tak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu warna khas jenis durian. Sedangkan warna kulit coklat pertanda durian sudah sangat matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *