PENDIDIKAN

Input Data di Aplikasi E-Sarpras, Sekolah Jangan Manipulasi Data

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Disdik Sumsel) Bidang SMA melaunching aplikasi E-Sarpras. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat mengetahui kondisi sekolah secara keseluruhan.

Kasi Sarana dan Prasarana Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Nasrun Bani mengatakan, Disdik Sumsel sudah melaunching E-Sarpras yakni aplikasi berbasis internet. Dengan adanya aplikasi E-Sarpras ini tujuannya adalah untuk mengoptimalkan data sarana dan prasarana sekolah SMA se Sumsel.

“Kita tahu SMA negeri dan swasta ini tersebar hingga ke daerah terpencil. Dengan adanya aplikasinya E-Sarpras, kita tahu keadaan sebenarnya sekolah tersebut,” kata Nasrun, Jumat (31/12/2021).

Nasrun menjelaskan, jumlah SMA se-Sumsel untuk negeri berjumlah 329 sekolah dan swasta 227 sekolah. Melalui aplikasi E-Sarpras pihaknya bisa melihat kondisi sekolah hingga di daerah terpencil di dunia maya. Karena melalui aplikasi E-Sarpras sekolah wajib menginput seluruh data sarana dan prasarana yang ada di sekolahnya.

Lihat Juga :  Ciptakan Sejarah, UIN Raden Fatah Palembang Kukuhkan 9 Guru Besar

“Sekolah wajib mengupload data sekolah mulai dari izin untuk sekolah swasta, sehingga kami tau legalitas sekolah dan batas izin berakhir. Selain itu melalui aplikasi itu, sekolah wajib mengupload video kondisi sekolah mulai dari gerbang masuk hingga seluruh ruangan kelas, ruang kantor, serta sarana dan prasarana yang ada,” katanya.

Selain itu, lanjut Nasrun, SMA juga diwajibkan membuat fakta integritas terkait kondisi sekolah sebenarnya.

“Karena kita juga akan memberi penilaian. Jika sekolah ada yang rusak, melalui aplikasi E-Sarpras bisa kita ajukan untuk mendapatkan rehab sekolah melalui Bangub atau dana dari pusat. Jadi melalui aplikasi E-Sarpras sekolah tidak usah memanipulasi data. Berikanlah data yang sebenarnya. Jadi sekolah tidak hanya menampakan kondisi yang bagus bagus saja, tapi juga bisa menunjukkan kekurangannya apa saja misal ada ruangan yang rusak berat atau atap bocor agar bisa diajukan untuk mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Lihat Juga :  UIN Raden Fatah Palembang Kukuhkan 9 Guru Besar

Reporter: Yanti
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.