SUMSEL

Segudang Manfaat Buah Zaitun, Salah Satunya untuk Kesehatan

SIBERNAS.com — Buah zaitun atau olive menyimpan segudang manfaat seperti untuk kulit dan lainnya baik untuk kesehatan zaitun yang paling umum adalah zaitun yang berwarna hijau dan hitam, meskipun zaitun kalamata juga populer.

Makan buah zaitun utuh atau menggunakan minyak zaitun untuk makanan tertentu dapat membantu melindungi dari berbagai masalah kesehatan. Vitamin dan antioksidan yang ditemukan dalam buah zaitun dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah zaitun dapat melindungi dari osteoporosis, di mana tulang menjadi rapuh atau lemah.

Zaitun juga kaya akan vitamin E, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membantu sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengutip WebMD, ada beberapa manfaat buah zaitun untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun, terutama jenis extra-virgin, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian pada orang yang memiliki risiko tinggi terhadap kondisi ini.

Zaitun penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal, sejenis lemak yang terkait dengan menurunkan LDL (kolesterol “jahat”) sambil mempertahankan HDL (kolesterol “baik”). Sifat antioksidan polifenol zaitun yang kuat juga dapat melindungi terhadap stres oksidatif dan kronis. peradangan, faktor pencetus utama penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko kanker

Zaitun mengandung senyawa oleocanthal, yang menurut penelitian dapat membunuh sel kanker. Penelitian lain menunjukkan hubungan antara mengonsumsi minyak zaitun dan mengurangi risiko kanker, termasuk kanker payudara.

3. Menurunkan risiko penyakit kognitif

Oleocanthal dalam zaitun dan minyak zaitun dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit terkait otak lainnya. Senyawa ini juga meningkatkan aktivitas obat donepezil. Manfaat buah zaitun juga untuk mengobati demensia.

4. Mencegah diabetes
Penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi minyak zaitun dan pencegahan diabetes tipe 2 dengan membantu tubuh mengatur glukosa (gula). Manfaat buah zaitun juga berguna untuk mencegah diabetes.

Lihat Juga :  ### Hadiri Nuzulul Quran di OKU Timur, Pj Gubernur Agus Fatoni Bagikan Ratusan Paket Sembako

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Mengutip Good Housekeeping, senyawa nabati dalam zaitun dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan aliran darah ke jaringan Anda.

Beberapa jenis zaitun juga dapat menyediakan hingga 25% dari kebutuhan zat besi Anda, mineral penting yang membantu mengantarkan oksigen ke organ Anda.

6. Anti-inflamasi

Polifenol yang ditemukan dalam buah zaitun dapat membantu mengurangi peradangan kronis dengan menghentikan kerusakan jaringan organ sebelum dimulai.

7. Bermanfaat untuk tulang

Polifenol juga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dengan mengurangi degenerasi. Diet Mediterania telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Zaitun membantu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh peradangan, mereka juga melindungi jaringan organ vital.

Manfaat buah zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan yang terkait dengan peningkatan kognisi dan mengurangi risiko penurunan kognitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.