PALEMBANG

Pipa Induk Sedang Dipasang, Progres IPAL Sei Selayur 50%

Sibernas.com, Palembang-Ditarget selesai 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengatakan, progres pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sri Selayur, Kalidoni sudah 50%.

IPAL ini ditujukan untuk mengolah limbah dari septic tank rumah-rumah warga yang dialirkan ke IPAL melalui pipa-pipa yang dipasang lalu diolah agar tidak mencemari lingkungan.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari Yusak mengatakan, pengerjaan secara keseluruhan saat ini sudah 50%. Pembangunan bantuan dari Australia ini sedang pemasangan pipa induk yang nantinya terhubung dengan IPAL.

“Kita sedang fokus untuk memasang pipa induk ini sepanjang 8 kilometer mulai dari Monpera, Kantor Walikota sampai ke induk IPAL Selayur,” katanya.

Menurutnya, pemasangan pipa induk di Jalan Merdeka ini menggunakan sistem pengeboran bukan penggalian. Sehingga, tidak terlihat pemasangan pipanya karena pengeboran dilakukan di bawah jalan.

Lihat Juga :  Ratu Dewa Turun Langsung Bersihkan Rumput Tinggi di Jalan Angkatan 45

Setelah terpasangnya pipa induk ini maka akan dilanjutkan dengan pemasangan saluran ke rumah warga termasuk ke Kantor Pemkot Palembang.

“Targetnya pemasangan pipa induk ini pada Januari mendatang,” katanya.

Sebelumnya, Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, IPAL Sei Selayur ini ditargetkan rampung pada awal 2023 mendatang dan beroperasi pada pertengahan tahun.

“IPAL ini akan mengolah semua air limbah rumah tangga, saluran cucian, kamar mandi, sanitasi dan lainnya yang masuk dalam pengelolaan air limbah skala perkotaan,” katanya.

Keberadaan IPAL Sei Selayur ini sangat penting bagi peningkatan sanitasi air bersih karena kondisi perairan Sungai Musi saat ini semakin mengkhawatirkan akibat pencemaran lingkungan.

Lihat Juga :  Contraflow Timbulkan Titik Kemacetan Baru

“Dengan IPAL ini maka 69% air limbah masyarakat Kota Palembang dapat diolah menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *