WISATA DAN BUDAYA

Danau Ranau, Wisata Terpopuler di Indonesia

Sibernas.com, Muaradua-Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terpilih sebagai Juara 1 Nasional Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 Kategori Festival Pariwisata Terpopuler.

Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKUS Darmawan, SE, MM, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKUS di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Kamis (21/5/2021) malam.

API 2020 merupakan ajang apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Kegiatan yang sudah dimulai sejak tahun 2016, telah berhasil mengangkat dan mengembangkan lebih dari 700 destinasi dan produk pariwisata di seluruh Indonesia.

Dengan mengumpulkan 53% vote, Festival Danau Ranau berhasil mengalahkan dua nominator lainnya, yakni Seba Baduy, Kabupaten Lebak, menempati posisi kedua dengan perolehan vote 19% dan Meron, Kabupaten Pati, di posisi ketiga dengan perolehan vote 10%.

“Bersyukur kepada Allah SWT kita diberi kepercayaan oleh khalayak untuk menjadi yang terdepan di Kategori Festival Pariwisata Terpopuler API 2020. Tidak sampai di sini saja. Hendaknya ke depan bisa terus memperkenalkan wisata yang ada di OKU Selatan, dan tentu dengan harapan yang lebih dari yang kita dapat saat ini,” kata Darmawan.

Lihat Juga :  Seleksi Cek Ayu Cek Bagus Upaya Tingkatkan Produksi Kain Tanjung Rumpak

Penghargaan ini, kata dia, adalah hasil kerja keras masyarakat OKUS secara khusus, dan masyarakat Sumsel secara umum. Pemkab OKUS hanya membantu mengusulkan ke pihak penyelenggara API 2020.

“OKU Selatan banyak memiliki potensi wisata, baik wisata danau, air terjun, maupun produk penunjangnya. Karena itu, sebagai putera OKU Selatan, saya berkeinginan untuk terus mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Serasan Seandanan agar lebih dapat dikenal bahkan dikunjungi oleh khalayak yang ada di luar kabupaten OKU Selatan,” katanya.

Disebut Danau Tekto Vulkanik

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba. Luasnya mencapai 125,9 kilometer persegi. Danau Ranau terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKUS. Saking besarnya, sebagian danau juga masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Sebenarnya, Danau Ranau juga masih menjadi bagian dari pegunungan Bukit Barisan. Danau Ranau terletak di ketinggian atau altitude 540 meter di atas permukaan laut.

Keindahan Danau Ranau juga diperkaya dengan adanya pemandangan Gunung Seminung yang memiliki ketinggian 1,880 meter di atas permukaan laut.
Udara di sekitar Danau Ranau cukup segar dan tak banyak polusi, ditambah dengan suasana yang tenang.

Lihat Juga :  Seleksi Cek Ayu Cek Bagus Upaya Tingkatkan Produksi Kain Tanjung Rumpak

Danau ini terbentuk dari proses tektonik dan vulkanik, atau gempa besar dan letusan gunung berapi purba sekitar 55 ribu tahun yang lalu. Sehingga Danau Ranau disebut sebagai danau tekto-vulkanik.

Letusannya membuat cekungan besar, sehingga memunculkan danau. Menurut hasil penelitian, Danau Ranau memiliki kedalaman rata-rata 174 meter. Serta dasar danau paling dalam mencapai 229 meter. Kedalamannya berkisar tiga hingga 95 meter dengan suhu antara 10 sampai 25 derajat celcius.

Untuk mencapai danau ini, membutuhkan 9 jam perjalanan dari Kota Palembang. Atau bila berangkat dari Kota Lampung, bisa 6 jam perjalanan darat. Masyarakat sekitar memanfaatkan danau ini untuk diambil hasil ikannya.

Hanya ada beberapa jenis ikan di danau ini, mulai ikan mujair, kepor, palau, kepiat, semah, dan harongan. Tidak jauh dari Danau Ranau, ada Air Terjun Subik Tuha yang segar. Ada juga Dermaga Wisma Pusri. Dari Dermaga Wisma Pusri, kalian bisa diantar menuju Pulau Marisa. Pulau Marisa merupakan sumber mata air panas alami yang menyehatkan.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *