EKONOMI

Geliat UMKM di Talang Kelapa Semakin Aktif

Sibernas.com, Banyuasin-Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Pemerintah pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM.

Buktinya, UMKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus di bawah Kementerian Koperasi dan UKM. Perhatian tinggi yang diberikan kepada para pelaku UMKM tersebut tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil.

Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah. Setidaknya, ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Yakni, Sebagai sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan, Sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil, dan yang ketiga memberikan pemasukan devisa bagi negara.

Menyadari itu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin terus mensupport geliat UMKM di Kecamatan Talang Kelapa untuk semakin aktif. Salah satunya dengan membuka pojok oleh-oleh Talang Kelapa yang ada di kantor Camat Talang Kelapa, sebagai sarana pemasaran produk UMKM di Talang Kelapa.

Lihat Juga :  Ciptakan Generasi Muda Berdaya Saing Global, Ini 5 Sekolah Internasional Terbaik di Bekasi

Adalah Dedy Junaidi salah seorang pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Talang Kelapa, Kelurahan Tanah Mas, Kabupaten Banyuasin. Dedy menuturkan, jika usaha gerabah miliknya sudah dimulai dari tahun 2000.

“Saya sudah menekuni usaha gerabah ini lebih kurang 21 tahun, dimulai dari nenek dan diteruskan ke saya. Dan untuk belajar membuat gerabah teknik dasarnya dari nenek dan selebihnya kita berkreasi dan juga sesuai minat pembeli,” ujarnya.

Dedy menambahkan, proses pembuatan gerabah sendiri jika cuaca cerah bisa memakan waktu sampai empat hari, namun jika musim penghujan bisa sampai satu minggu. Dalam satu kali proses bakar, dapur bisa memproduksi hingga 300-400 produk ukuran kecil, jika produk ukuran besar satu kali bakar bisa menghasilkan 50 produk.

Lihat Juga :  Explore Technological Excellence with Aman Endeavor Scholarship Now

“Harga yang dipatok berkisar dari Rp8 ribu sampai Rp150 ribu, pembeli sendiri tidak hanya dari Banyuasin, namun sampai ke Kota Palembang dan Prabumulih,” katanya.

Dia mengatakan, tempat usaha gerabah miliknya acap kali dijadikan tempat kunjungan pelajar sekolah ataupun Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Banyuasin untuk mengetahui proses pembuatan gerabah.

Reporter: Arsen
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.