PENDIDIKAN

Siswa SMKN 1 Sekayu Raih Medali Emas pada KOSN 2021

Sibernas.com, Palembang-Siswa SMK Negeri 1 Sekayu berhasil mengharumkan nama Sumsel karena berhasil meraih juara pertama atau medali emas pada cabang olahraga pencak silat kategori Putra dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Kabid SMK Disdik Sumsel Mondyaboni mengatakan, pihaknya bersyukur pada KOSN 2021 ini Sumsel berhasil masuk dalam 6 besar tingkat nasional, terjadi peningkatan karena tahun lalu masuk dalam 13 besar nasional.

“Kita bangga tahun ini Sumsel berhasil masuk 6 besar dalam KOSN, karena kita berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga pencak silat putra. Prestasi ini berhasil diraih siswa SMK Negeri 1 Sekayu. Ini prestasi luar biasa karena ini perlombaan tingkat nasional yang digelar Puspresnas di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” kata Mondyaboni saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (5/10/2021).

Mondyaboni menuturkan, untuk lomba kompetensi siswa, juga terjadi peningkatan yang juga luar biasa dari yang sebelumnya masuk 20 besar nasional, terakhir berhasil naik ke peringkat 8 besar nasional.

“Luar biasa peningkatan prestasi siswa SMK di KOSN dan LKS ditingkat nasional, ini berkat dukungan Bapak Gubernur Sumsel untuk peningkatan prestasi siswa. Karena siswa yang menjadi juara ditingkat provinsi, kita lakukan pembinaan agar bisa berprestasi di tingkat nasional. Selain itu, saat pelaksanaan perlombaan di tingkat provinsi kita menghadirkan juri bertaraf nasional. Sehingga siswa yang kita kirim ke tingkat nasional, kemampuannya memang tidak diragukan lagi,” bebernya.

Mondyaboni mengungkpkan, prestasi siswa SMK lainnya di tahun ini adalah berhasil meraih juara pertama dalam perlombaan film pendek pramuka di tingkat nasional dengan judul Pioner.

“Kami bangga dengan prestasi siswa SMK di Sumsel karena bisa meraih juara pertama ditingkat nasional. Terima kasih kepada Kepala sekolah, guru, pelatih, dan siswa yang sudah bekerja keras dan semangat mengharumkan nama Sumsel di tingkat nasional. Terima kasih juga kepada Bapak Gubernur Sumsel yang telah memberikan motivasi kepada seluruh siswa SMK di Sumsel agar semangat bersaing di tingkat nasional,” ucapnya.

Dia berharap SMK di Sumsel bisa mempertahankan prestasi siswanya di tingkat nasional, dan bisa terus masuk dalam 10 besar setiap perlombaan tingkat nasional bahkan masuk 5 besar nasional. Pembinaan harus terus dilakukan di sekolah agar muncul bibit bibit siswa berprestasi lainnya.

“Kita berharap ke depan untuk perlombaan KOSN dan LKS serta perlombaan lainnya, Sumsel bisa meraih juara. Tahun ini juga siswa SMKN 1 Suak Tapeh Banyuasin berhasil meraih juara pertama karya tulis ilmiah tingkat nasional,” tuturnya.

“Dengan banyaknya prestasi siswa SMK ditingkat nasional. Kita berharap SMK bisa menjadi pilihan bagi anak-anak untuk sekolah di SMK. Karena terbukti anak-anak di SMK bisa bersaing dan menjadi juara ditingkat nasional,” tambah Mondyaboni.

Kepala SMKN 1 Sekayu Zaidan Jauhar menambahkan, pihaknya bangga dengan prestasi siswanya yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional pada KOSN 2021.

“Kita sudah menyiapkan gedung untuk menjadi pusat belajar bersama untuk pelatihan siswa di bidang olahraga seperti pencak silat, karate, basket dan lainnya. Kita ingin siswa bisa berprestasi di tingkat nasional, agar anak-anak SMP termotivasi untuk masuk SMK,” katanya.

Reporter: Yanti
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.