PALEMBANG

Jelang PTM, Pemkot Palembang Sasar 192.671 Pelajar Untuk Divaksin

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menyasar 192.671 pelajar untuk menjalani vaksinasi Covid-19 menjelang pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) 6 September mendatang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Palembang dr Fauzia menyampaikan, rincian sasaran vaksinasi yaitu Sekolah Dasar (SD) kelas 6 sebanyak 30.243 orang, SMP 84.629 orang, dan SMA sebanyak 77.799.

“Dari total sasaran vaksinasi pelajar berjumlah 192.671 siswa, saat ini yang sudah divaksin baru 245 anak,” kata Fauzia, Kamis (2/8/2021).

Fauzia mengatakan, vaksinasi untuk anak berusia 12 tahun hingga 17 tahun sudah dimulai sejak 2 Juli lalu. Terkait pemberian vaksin pada anak, Fauzia mengakui jika ada kontra indikasi tertentu pada anak yang berbeda dengan dewasa.

“Untuk itu saat pelaksanaan vaksinasi perlu didampingi orangtua dan ada wawancaranya juga,” jelasnya.

Lihat Juga :  Pendatang Diklaim Jadi Faktor Tingginya Angka Pengangguran di Palembang

Fauzia menjelaskan, saat ini vaksin Sinovac juga sudah ada di gudang farmasi. Namun, pihaknya mengakui, saat ini vaksin yang tersedia tersebut belum cukup untuk vaksinasi secara menyeluruh. Sedangkan untuk tempat pelaksanaan vaksinasi pelajar dan anak bisa dilakukan Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya seperti rumah sakit.

“Tapi ini nanti akan dikoordinisaikan lagi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan vaksinasi di sekolah,” katanya.

Sementara menjelang PTM, Pemkot Palembang akan melakukan vaksinasi massal bagi pelajar berusia 12-18 tahun.

“Vaksinasi massal pelajar ini rencananya akan kita lakukan bersamaan dengan mulainya PTM terbatas 6 September,” kata Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Adapun pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. Di mana vaksinasi tahap pertama akan dilakukan di 2 sekolah yakni SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 10.

Lihat Juga :  Empat Mantan Pejabat SP2J Korupsi Jargas, Ini Tanggapan Pj Walikota Palembang

“Vaksinasi ini dialokasikan oleh Badan Intelejen Negara (BIN), dan serentak di Indonesia disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo,” katanya.

Selain itu, Pemkot Palembang terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi dengan target vaksin 1,2 juta warga. Jumlah itu termasuk pelajar.
Maka dari itu, kegiatan PTM terbatas nanti sifatnya masih tahap uji coba. Meski sarana dan prasarana sekolah sesuai protokol kesehatan (Prokes) dan kurikulum Covid-19 sudah disesuaikan, tetapi terpenting pelajar harus vaksin.

“Vaksinasi akan dilakukan sejalan dengan PTM. Intinya nanti berjalan dulu, kita lihat keputusan dari Kemendikbud dan Kemenkes,” pungkasnya.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *