PENDIDIKAN

Siswa SMAN Sumsel Raih Beasiswa Penuh di Albukhary International University Malaysia

Sibernas.com, Palembang-Siti Luthfiah, salah satu siswa SMA Negeri Sumsel berhasil lulus seleksi Albukhary International University (AIU) Malaysia dengan beasiswa penuh dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) setelah 4 lulusan dari generasi sebelumnya lulus di universitas yang sama.

Luthfiah, sapaan akrabnya, mengaku sangat tidak menyangka saat dirinya dinyatakan lulus pada Jurusan Business Administration di Albukhary International University. Impiannya sejak kecil adalah untuk bisa menempuh pendidikan di luar negeri dan sekarang akhirnya bisa terwujud.

“Saya sendiri sudah lama sekali terbersit ingin kuliah di luar negeri dan kebetulan saat itu Bu Audhrie dan Pak Bagus membagikan informasi tentang open admission di Albukhary International University, kemudian saya langsung menyiapkan berkas yang diperlukan untuk mendaftar,” ujar Luthfiah, Rabu (25/8/2021).

Proses yang cukup panjang telah dilalui oleh Luthfiah sejak mendaftarkan diri dan berharap bisa berhasil melalui semua tahapan seleksi. Terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui, dimulai dari tahap pemberkasan, lalu dilanjutkan dengan tahap wawancara yang dilaksanakan langsung oleh pihak Baznas untuk memastikan siswa mendapatkan beasiswa dari pihak Baznas.

Setelah itu, dilakukan kembali wawancara dengan pihak AIU, di mana wawancara ini menggunakan Bahasa Inggris penuh untuk menentukan apakah siswa layak untuk lolos ke universitas dengan beasiswa tersebut.

Saat Luthfiah ditanya mengenai kendala waktu mengirimkan aplikasi pendaftaran menurutnya tidak terlalu banyak kesulitan.

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, mungkin saya sendiri sedikit kelimpungan saja untuk urusan menerjemahkan pemberkasan seperti ijazah,” terangnya.

Siswa yang berasal dari Palembang ini mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT atas kemudahan segala proses yang dilewatinya. Tidak lupa ia juga berterimakasih kepada orangtua dan juga guru-guru di SMAN Sumatera Selatan yang sudah mendukung penuh dirinya dalam menggapai cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri di mana hal itu merupakan impiannya sejak kecil.

“Saya sangat bersyukur bisa menjadi siswa internasional dan akan belajar lebih lanjut lagi dengan kurikulum internasional juga,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMAN Sumatera Selatan Iswan Djati Kusuma memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap Siti Luthfiah. Mewakili keluarga besar SMAN Sumatera Selatan pihaknya mengucapkan selamat kepada Siti Luthfiah yang lulus dan mendapatkan beasiswa di Albukhary International University Malaysia dengan full scholarship dari Baznas.

“Yang kedua, saya mengajak kita semua khususnya kepada Siti Luthfiah untuk selalu bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT, karena tidak banyak orang yang bisa mendapatkan pencapaian seperti ini,” harapnya.

Iswan juga mengajak serta seluruh siswa-siswi SMAN Sumatera Selatan untuk menjadikan hal ini sebagai motivasi karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, dengan catatan kita ingin berusaha.

“Hidup ini adalah perjuangan, makanya hidup itu harus diperjuangkan. Jadi perjuangan Siti Luthfiah ini tidak seperti membalikkan telapak tangan, banyak tantangan dan ujian, hingga sampai saat ini ia bisa mendapatkan keberhasilan. Nah, ini yang harus menjadi contoh untuk semua warga SMAN Sumatera Selatan dalam kondisi apapun. Tidak ada yang tidak mungkin, asal kita mau berjuang,” pungkasnya.

Reporter: Sugiarto
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *