NASIONAL

Saksikan Blue Moon Pukul 19.01 WIB Malam Ini!

Sibernas.com, Jakarta-Bulan Biru atau Blue Moon, akan menghiasi langit Indonesia, Minggu (22/8/2021) malam ini. Fenomena angka ini, bisa disaksikan sekitar puku 19.01 WIB.

Peneliti Pusat Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pussainsa LAPAN) Andi Pangerang mengatakan, Blue Moon hakikatnya tidak benar-benar berwarna biru. Asal-usul historis istilah ini dan dua definisinya, sebenarnya masih simpang siur dan kebanyakan pihak menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi.

“Istilah ini sudah ada setidaknya sejak 400 tahun yang lalu dari penelusuran saat ini, yang mana seorang penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Dr Philip Hiscock, mengusulkan bahwa penyebutan Bulan Biru bermakna bahwa ada hal yang ganjil dan tidak akan pernah terjadi,” katanya dikutip dari akun Instagram @pussainsa_lapan, Minggu (22/8/2021).

Lihat Juga :  Longsor di Jalur Mudik Garut Jabar, Polisi Buka Tutup Arus Jalan

Seberapa langka Blue Moon Terjadi? Bulan Biru Bulanan dapat terjadi jika Bulan Purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi. Hal ini dikarenakan rata-rata lunasi sebesar 29.53 hari, lebih pendek dibandingkan dengan 11 bulan dalam kalender Masehi.

Bulan Biru Musiman terjadi sedikit lebih jarang daripada Bulan Biru bulanan dalam 1100 tahun antara 1550 dan 2650, ada 408 Bulan Biru Musiman dan 456 Bulan Biru Bulanan.

“Dengan demikian, baik musiman maupun bulanan, Bulan Biru terjadi kira-kira setiap dua atau tiga tahun,” sebutnya.

Andi menambahkan, Blue Moon yang benar-benar berwarna biru dapat terjadi sangat langka dan tidak ada hubungannya dengan kalender, fase Bulan atau jatuhnya musim. Melainkan akibat dari kondisi atmosfer.

Lihat Juga :  Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 2024 Rabu 10 April

“Abu vulkanik dan kabut asap, droplet di udara, atau jenis awan tertentu dapat menyebabkan Bulan Purnama tampak kebiruan,” ujarnya.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.