KULINER

Resep Membuat Lontong Daun Pisang Sederhana di Rumah

Sibernas.com, Palembang-Banyak cara dilakukan untuk membuat lontong daun pisang. Buat para bunda yang belum pernah mencobanya, jangan khawatir. Karena, ada cara praktis untuk kamu agar bisa membuat lontong sendiri dirumah, praktis, bersih dan sehat.

Hal pertama yang perlu disiapkan, yaitu beras untuk membuat lontong, kamu perlu menyiapkan beras aron atau setengah matang. Masak beras dengan air secukupnya di atas api sedang hingga airnya habis. Angkat beras yang sudah diaron dan diamkan selama beberapa saat hingga agak dingin.

Selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan daun pisang jenis apa saja yang sudah tua atau berwarna hijau tua. Akan lebih bagus jika menggunakan daun pisang klutuk yang sudah tua. Di butuhkan daun pisang tua agar lontong nantinya dapat lebih tahan lama.

Penjual sarapan pagi, Lina mengatakan, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan. Biasanya, memasak lontong dilakukan selama 3 jam dan menggunakan beras mentah. Akan tetapi, ada cara yang lebih praktis serta hemat biaya gas dan waktu, yaitu memasak menggunakan waktu hanya 45 menit saja.

“Kita kan penjual yah, jadi harus memilih resep yang lebih praktis dan hemat biaya tentunya,” kata Lina, Selasa (17/8/2021).

Bahan yang dibutuhkan:

Bahan :
1/2 Kg Beras
500 ml Air
Daun Pisang Klutuk
Lidi

Cara Pembuatan :
1. Cuci beras hingga bersih
2. Masak beras/aron dengan 500 ml air sampai air mengering.
3.Diamkan sebentar beras yang telah dimasak setengah matang.
4. Siapkan daun pisang klutuk dan ukur panjangnya.
5. Taruh satu sendok nasi kedalam daun pisang yang telah di siapkan tadi, gulung dan bentuk lonjong memanjang.
6. Rebus lontong selama 10 menit dengan ait mendidih.
7. Setelah dimasak 10 menit, matikan kompor dan jangan membuka penutup rebusan lontong tadi. Diamkan dan tunggu selama 30 menit.
8. Rebus kembali lontong diatas kompor dengan waktu 30 menit.
9. Angkat lontong dan siap disajikan.

Reporter: Tri Jumartini
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.